Minggu, 29 Agustus 2010

Museum sayuran pertama di Cina

Harian Xinhua (19/4/2010) memberitakan bahwa pemerintah Cina membuka museum sayuran pertama di Cina.

Museum sayuran pertama di Cina ini dibuka di bagian timur Provinsi Shandong  dengan luas  3000 meter persegi.  Museum ini terletak di Shouguang City, Provinsi Shandong, yang dikenal sebagai "Kota Sayuran di Cina". Seluas 56.000 hektar dari total luas wilayah ini (94.000 hektar) ditanami sayuran.Menurut pemerintah setempat, pada tahun 2009 kota Shouguang menghasilkan sekitar 4 juta kilogram sayuran berkualitas tinggi.

China Shouguang Vegetable Museum memperagakan hubungan antara perkembangan pertanian dengan masyarakat. Di museum ini diperagakan peralatan pertanian, aneka spesimen dan lukisan mulai peradaban Longshan (dari masa 2340 SM - 1940 SM) hingga ke zaman modern.
Di museum ini juga terdapat fosil tumbuhan berumur 130 juta tahun dan aneka perkakas yang dipakai untuk bertanam sayuran pada masa dinasti Han (sekitar 2100 tahun yang lalu).

Sumber: www.chinadaily.com


Miranda Gultom: Otak Modernisasi Museum Bank Indonesia

Minggu, 17-01-2010 12:12:34 oleh: Brillianto Ksatrya Jaya
Museum Bank Indonesia (www.jalanjajahemat.com)

Barangkali tak banyak orang tahu, siapa otak di balik modernisasi museum Bank Indonesia (BI) yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 21 Juli 2009 lalu. Dia tak lain adalah Miranda Goeltom. Karena usaha beliau, museum BI jadi jauh lebih keren dari sebelumnya. Bahkan saat ini museum BI dianggap sebagai museum terbaik di Indonesia dan paling siap menghadapi 'Tahun Kunjungan Museum 2010' yang sudah ditetapkan pemerintah melalui Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE pada 30 Desember 2009 lalu.


Miranda Swaray Goeltom. Begitulah nama panjang wanita berdarah Batak kelahiran Jakarta, 19 Juni 1949 ini. Selama ini, ia memang dikenal sebagai Deputi Gubernur BI yang cukup kontroversial. Betapa tidak, ia dianggap wanita ambisius yang menginginkan posisi tertinggi di BI. Bayangkan, sejak dikalahkan oleh Burhanuddin Abdullah yang meraih posisi Gubernur BI pada tahun 2003 sampai akhir masa jabatannya, Miranda tetap mengincar jabatan sebagai Gubernur BI. Namun di pemilihan berikutnya, ia kalah lagi dengan pesaing kuatnya: Boediono. Setelah Boediono maju dalam pencalonan wakil presiden bersama SBY, Miranda cuma mengisi posisi sebagai Pejabat Pelakasana Tugas Harian Gubernur BI.


Di luar sepak terjangnya di BI, Miranda adalah otak di balik konsep museum BI yang kini begitu modern dan bisa disejajarkan dengan museum-museum di luar negeri. Ia sangat serius menggarap museum BI. Saking seriusnya, ia membuat sebuah unit khusus di BI yang menangani museum BI ini. Di unit ini terdapat orang-orang yang sangat kompeten di bidangnya. Ada peneliti yang khusus mengumpulkan data-data dan sejarah tentang Bank Indonesia. Ada ahli komunikasi visual, dimana bertugas membuat visualisasi museum agar enak dinikmati, sehingga penggunjung betah. Ada pula para seniman yang merancang tata letak, diorama, patung-patung, serta instalasi yang ada di ruang pamer.


Hasilnya? Luar biasa! Menakjubkan! Kayaknya museum BI yang sangat siap menghadapi 'Tahun Kunjungan Museum 2010' ini. Bukan omong kosong, oleh Miranda, museum BI disulap menjadi museum yang terkonsep, menghibur, ada interaksi dengan penggunjung, nyaman, dan yang tak kalah penting, tidak berdebu dan WC-nya tidak jorok.


Kesungguhan wanita yang juga dikenal sebagai guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) untuk menjadikan museum BI "cantik", berawal dari "provokasi" salah seorang direksi yang berada di lingungan BI. Ia bernama Poernomo yang saat ini menjadi Peneliti Sejarah Utama di Unit Khusus Museum BI.


"Sebelum direnovasi, saya bilang ke Ibu (Miranda-pen) begini: Ibu serius nggak mau menggarap museum?" ucap Poernomo seraya mengingat masa-masa awal sebelum renovasi dilakukan beberapa tahun lalu. "Ternyata Ibu marah dan meminta saya untuk menjadi Ketua tim renovasi museum BI".


Menurut Poernomo, tidak semua pejabat bisa mampu melakukan sebagaimana Miranda lakukan, yakni "mempercantik" museum. Biar dikasih budget yang sama, sentuhan masing-masing orang pasti berbeda. Kata pepatah: man behind the gun. Benar juga sih. Yang terjadi kebanyakan dikorup dulu uangnya, baru merenovasi museum dengan sisa uang yang ada.


"Saya nggak pernah pusing dengan budget, karena bukan saya yang mengurus pengadaan barang di museum ini," ujar Miranda. "Saya cuma punya konsep!"


Boleh jadi, konsep yang di otak Miranda luar biasa. Di luar dari kemampuannya di bidang hitung-menghitung uang, ia memiliki sense of art yang tinggi. Hal ini bisa dimaklumi, karena selama ini pergaulannya dengan seniman-seniman cukup intens.

"Saya beruntung punya orang-orang gila," aku Miranda mengomentari orang-orang dari unit khusus museum BI yang ada di belakang konsepnya. "Saya salut dengan mereka. Di BI, unit yang ngurusin museum itu dianggap nggak elit. Kalo ngurusin moneter, baru dianggap elit. Siapa yang mau ngurusin museum? Makanya saya bilang, mereka itu gila. Dan saya bersyukur punya orang-orang gila kayak mereka".


Kalo membicarakan soal budaya dan museum dengan Miranda, butuh waktu yang cukup lama. Soalnya, ia begitu antusias. Ia bisa berbicara A sampai Z. Nggak cuma memandingakan museum satu dengan museum lain, tetapi soal impiannya terhadap museum di tanah air.


"Saya sedih banget dengan kondisi museum di Indonesia," ujar wanita yang setiap hari masih rajin jogging selama 45 menit dan bersepeda setiap Sabtu sepanjang 30 km ini. "Bayangkan, untuk menemukan canting (alat untuk membatik-pen) kuno, saya harus melihat di Singapura. Museum di Indonesia ini nggak punya."


Ia sering mengusulkan pada Menteri Keuangan Sri Mulyani agar menyisihkan dana buat "mempercantik" semua museum di Indonesia. Bukan cuma "mempercantik", tetapi mengembalikan benda-benda purbakala yang saat ini ada di museum-museum di luar negeri. Namun sayang, jawabannya selalu soal prioritas. Museum nggak termasuk prioritas utama di Indonesia ini, tetapi ditempatkan di paling buncit.


"Jadi wajar kalo kita melihat museum-museum yang ada di Indonesia ini seperti apa, ya nggak? Wong nggak jadi prioritas, kok?"


Itulah yang membuatnya cuma bisa geram dengan kondisi yang ada. Pada saya, Miranda sempat tercetus keinginannya buat mengurus museum yang ada di Indonesia ini. Buat saya, keinginanan Miranda sekali lagi patut diacungkan jempol. Saya yakin, hal itu bukan karena mengurus museum banyak uang atau seolah mengejar "kursi basah". Tetapi lebih kepada kepeduliannya terhadap warisan bangsa, apalagi tahun ini sudah ditetapkan sebagai 'Tahun Kunjungan Museum 2010'

Sumber: http://www.wikimu.com/

Sabtu, 28 Agustus 2010

Sejarah Perkembangan Museum di Indonesia


Saturday, 09 January 2010 05:11 rochtri

Pengertian tentang museum dari zaman ke zaman mengalami perubahan. Hal ini disebabkan karena museum senantiasa mengalami perubahan tugas dan kewajibannya. Museum merupakan suatu gejala sosial atau kultural dan mengikuti sejarah perkembangan masyarakat dan kebudayaan yang menggunakan museum itu sebagai prasarana sosial atau kebudayaan.

Museum berakar dari kata Latin “museion”, yaitu kuil untuk sembilan dewi Muse, anak-anak Dewa Zeus yang tugas utamanya adalah menghibur. Dalam perkembangannya museion menjadi tempat kerja ahli-ahli pikir zaman Yunani kuna, seperti sekolahnya Pythagoras dan Plato. Dianggapnya tempat penyelidikan dan pendidikan filsafat sebagai ruang lingkup ilmu dan kesenian adalah tempat pembaktian diri terhadap kesembilan Dewi Muse tadi. Museum yang tertua sebagai pusat ilmu dan kesenian adalah yang pernah terdapat di Iskandarsyah.

Lama kelamaan gedung museum tersebut yang pada mulanya tempat pengumpulan benda-benda dan alat-alat yang diperlukan bagi penyelidikan ilmu dan kesenian, ada yang berubah menjadi tempat mengumpulkan benda-benda yang dianggap aneh. Perkembangan ini meningkat pada abad pertengahan dimana yang disebut museum adalah tempat benda-benda pribadi milik pangeran, bangsawan, para pencipta seni dan budaya, para pencipta ilmu pengetahuan, dimana dari kumpulan benda (koleksi) yang ada mencerminkan apa yang khusus menjadi minat dan perhatian pemiliknya.

Benda-benda hasil seni rupa sendiri ditambah dengan benda-benda dari luar Eropa merupakan modal koleksi yang kelak akan menjadi dasar pertumbuhan museum-museum besar di Eropa. "Museum" ini jarang dibuka untuk masyarakat umum karena koleksinya menjadi ajang prestise dari pemiliknya dan biasanya hanya diperlihatkan kepada para kerabat atau orang-orang dekat. Museum juga pernah diartikan sebagai kumpulan ilmu pengetahuan dalam karya tulis seorang sarjana. Ini terjadi di zaman ensiklopedis yaitu zaman sesudah Renaissance di Eropa Barat ditandai oleh kegiatan orang-orang untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan mereka tentang manusia, berbagai jenis flora maupun fauna serta tentang bumi dan jagat raya disekitarnya. Gejala berdirinya museum tampak pada akhir abad 18 seiring dengan perkembangan pengetahuan di Eropa. Negeri Belanda yang merupakan bagian dari Eropa dalam hal ini juga tidak ketinggalan dalam upaya mendirikan museum.

G.E. Rumphius
Perkembangan museum di Belanda sangat mempengaruhi perkembangan museum di Indonesia. Diawali oleh seorang pegawai VOC yang bernama G.E. Rumphius yang pada abad ke-17 telah memanfaatkan waktunya untuk menulis tentang Ambonsche Landbeschrijving yang antara lain memberikan gambaran tentang sejarah kesultanan Maluku, di samping penulisan tentang keberadaan kepulauan dan kependudukan. Memasuki abad ke-18 perhatian terhadap ilmu pengetahuan dan kebudayaan baik pada masa VOC maupun Hindia-Belanda makin jelas dengan berdirinya lembaga-lembaga yang benar-benar kompeten, antara lain pada tanggal 24 April 1778 didirikan Bataviaach Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, lembaga tersebut berstatus lembaga setengah resmi dipimpin oleh dewan direksi. Pasal 3, dan 19 Statuten pendirian lembaga tersebut menyebutkan bahwa salah satu tugasnya adalah memelihara museum yang meliputi: pembukuan (boekreij); himpunan etnografis; himpunan kepurbakalaan; himpunan prehistori; himpunan keramik; himpunan muzikologis; himpunan numismatik, pening dan cap-cap; serta naskah-naskah (handschriften), termasuk perpustakaan.

Transformasi Pengelolaan Museum


Author: Hemat Dwi Nuryanto
Kompas, Kamis, 12 Agustus 2010

PEMERINTAH bertekad menjadikan 2010 sebagai warsa kunjungan museum. Sayangnya ada ganjalan serius dibalik tekad tersebut, yang terkait dengan kondisi aktual museum di negeri ini. Gerakan Nasional Cinta Museum yang dicanangkan pemerintah seolah bertepuk sebelah tangan. Karena para pengelola museum di negeri ini kebanyakan kurang kreatif dan inovatif dalam hal layout obyek atau koleksi museum. Begitu juga masih minimalis dalam hal sistem informasi terhadap koleksi yang dimiliki. Akibatnya, image museum tetap saja usang, membosankan, dan kurang atraktif. Eksistensi museum belum mampu mencuatkan nilai-nilai koleksi yang ters impan kepada publik. Pentingnya mentransformasikan sistem pengelolaan dan SDM museum. Agar lebih adaptif dengan perkembangan jaman dan kompatibel dengan industri pariwisata global. Sistem pengelolaan museum harus bisa mengemas koleksi sehingga bisa mendongkrak segmentasi pasar, promosi serta nilai estetika dan ilmiahnya. 

Langkah transformasi yang penting disegerakan adalah menyangkut sistem pengelolaan museum yang berbasis konvergensi teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pentingnya mengembangkan sistem informasi museum atau e-Museum yang menarik dan mampu merasuki jejaring sosial internet. Transformasi sistem tersebut akan menunjang profesionalitas bagi edukator (programmer) dan  kehumasan (public relation) museum. Selain itu sistem informasi yang andal akan menjadikan museum sebagai destinasi yang sangat potensial. Transformasi pengelolaan museum tentu saja tidak mengurangi atau menggangu fungsi dasar museum dalam konteks Museologi. Yang mencakup penelitian, konservasi atau pelestarian serta komunikasi yang merupakan aspek mediasi dengan masyarakat. Fungsi dasar tersebut menempatkan museum sebagai lembaga non-profit yang bertugas menyimpan, merawat, meneliti dan memamerkan koleksi. Tetapi pada era gelombang keempat sekarang ini yang ditandai dengan pertumbuhan industri kreatif yang luar biasa pesatnya, menempatkan museum sebagai pusat industri budaya. Juga merupakan tempat yang sangat ampuh sebagai sarana kontemplatif dan pemicu lahirnya daya dan karya kreatif. Sehingga makna yang terdalam dari museum bisa terwujud, yakni positioning museum sebagai inspirator dan motivator bagi warga bangsa dalam mengarungi persaingan global.

Sebaiknya sistem informasi museum tidak sekedar berbentuk website atau situs internet yang bersifat database ilmiah semata. Tetapi merupakan sistem informasi yang cerdas berbasis geospasial dan bisa merasuki jejaring sosial dengan tampilan yang menarik. Selama ini sudah cukup banyak website yang menyediakan informasi tentang museum seperti contohnya bidang arkeologi. Website arkeologi tersebut diantaranya ada yang menyediakan informasi secara gratis tetapi ada juga yang diharuskan menjadi anggota dengan persyaratan tertentu dan dikenai biaya. Konten yang disediakan dapat meliputi objek-objek arkeologi, foto, jurnal, peta sitrus,dan lain-lain. Jenis data atau informasi yang akan ditampilkan dapat berupa  teks, suara, video, gambar,  maupun gabungan keseluruhan jenis data tersebut yang lebih dikenal dengan istilah multimedia. Kebanyakan website museum ditampilkan dalam halaman yang bersifat statis.  Agar lebih menarik dan berbobot harus dibuat halaman yang kontennya bersifat dinamis. Yang disupport dengan multimedia dan memakai aplikasi yang bersifat GIS ( Geographical Information System ).

Ekspedisi Lengguru-Kaimana 2010


Penelitian Harus Terbuka : Museum Geologi Ikuti Ekspedisi Ilmiah Lengguru-Kaimana 2010

Kompas Jawa Barat, Jumat, 27 Agustus 2010 – Penelitian bersama lembaga pendidikan dan penelitian asing berpotensi memperkaya sumber informasi ilmu pengetahuan nasional. Namun, harus ditekankan bahwa hasil penelitian bersifat terbuka dan tidak bisa menjadi hak milik pribadi pihak tertentu.

“Kontribusi penelitian dengan pihak asing diharapkan memberikan data tambahan bagi peneliti nasional untuk melakukan penelitian lanjutan,” ujar Kepala Museum Geologi Yunus Kusumabrata, Kamis (26/8) di Bandung.

Yunus mencontohkan keikutsertaan Museum Geologi dalam Ekspedisi Ilmiah Lengguru-Kaimana 2010 yang akan berlangsung 12 Oktober-13 November. Ekspedisi yang diprakarsai Institut de Recherche pour le Developpement Perancis ini akan meneliti dan menginventarisasi keanekaragaman hayati di wilayah Lengguru, Papua. Penelitian itu meliputi populasi ikan pelangi, studi tentang evolusi struktur karst, dan evolusi makhluk hidup.
Sebelumnya, Museum Geologi pernah bekerja sama dengan Pemerintah Jepang terkait renovasi dan penataan museum serta kerja sama dengan University of Wollongong, Australia, dalam penelitian gajah purba.

Dengan aktif dalam ekspedisi ini Yunus meyakini ada manfaat yang bisa didapat Museum Geologi serta enam lembaga penelitian dan perguruan tinggi lain. Khusus bagi Museum Geologi, ia mencontohkan aktivitas penelitian ikan dari berbagai zaman di beberapa danau yang sudah kering di Lengguru. Ia berharap metode pengumpulan data dan penelitian itu bisa dimanfaatkan Museum Geologi untuk penelitian serupa selanjutnya.

Menurut Yunus, saat ini Museum Geologi memiliki sekitar 30 fosil ikan beragam usia dari Jawa atau Sumatera. Beberapa belum terdata dengan baik karena minimnya pemahaman metode penelitian. Ia berharap dua wakil Museum Geologi di Ekspedisi Lengguru, yaitu ahli vertebrata, Sinung Baskoro, dan ahli moluska, Unggul, bisa mendapatkan pengetahuan baru.
“Kita tidak usah malu belajar pada mereka yang saat ini memiliki kapasitas keilmuan dan kemampuan dana lebih baik,” ujarnya.

Pengalaman

Geolog Institut Teknologi Bandung, Budi Brahmantyo, mengatakan, kerja sama dengan pihak asing bisa memberikan pengalaman dan tambahan data ilmu pengetahuan baru. Ekspedisi Lengguru bisa memberikan pelajaran dan pemahaman baru tentang struktur karst di wilayah timur Indonesia. Hal itu merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik karena sering kali peneliti Indonesia masih terbentur dana. Pemerintah Indonesia kerap tidak bersemangat membiayai penelitian ilmiah dengan alasan biaya yang tinggi.
Akan tetapi, wakil ITB dalam Ekspedisi Ilmiah Lengguru-Kaimana 2010 ini menyatakan, sejak awal Pemerintah Indonesia harus mengatur hasil penelitian. Harus ada ketegasan untuk menentukan hasil penelitian ini tidak boleh menjadi hak milik pribadi.

“Saya kira penelitian dengan pihak asing harus terus ditingkatkan. Namun, penekanan bahwa hasil penelitian adalah sumber yang terbuka bagi semua orang juga harus diutamakan,” kata Budi yang bersama hidrogeolog ITB, Erwin Irawan, akan meneliti struktur karst di Lengguru. (CHE)


Sumber: www.museumku.wordpress.com

Fosil


Apakah fosil itu?


Fosil berasal dari bahasa Latin fossilis. Kata fossilis merujuk pada setiap benda yang didapat dari menggali tanah. Kata fosil mulai dipakai dalam geologi pada abad keenambelas. Pada masa itu yang disebut fosil meliputi mineral, artefak, dan benda aneh lainnya yang didapat dari dalam tanah. Saat ini pengertian fosil dibatasi pada sisa-sisa mahluk hidup (hewan, tumbuhan, manusia) yang telah terawetkan di dalam batuan. Ada dua macam fosil, yaitu fosil tubuh dan fosil jejak. Pada fosil tubuh yang terawetkan adalah tubuh organisma secara keseluruhan dan mengalami proses fosilisasi; sedangkan pada fosil jejak yang terawetkan adalah bekas-bekas suatu organisma seperti jejak kaki, jejak liang, atau jejak tumbuhan.


Mengapa kita mempelajari fosil?


Sudah sejak zaman kuno manusia mengenal dan mengoleksi fosil. Ketika itu fosil dianggap berharga karena dianggap mampu menyembuhkan orang sakit, mengusir arwah jahat, bahkan meminta jodoh. Tidak ada, atau setidaknya belum ada, yang mengetahui bahwa fosil adalah sisa mahluk hidup. Pada zaman modern barulah diketahui bahwa fosil merupakan sisa mahluk hidup dan keberadaannya dapat dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan. Dari fosil kita dapat membuat perkiraan tentang kehidupan masa lampau (lingkungan purba), atau mengetahui bentuk-bentuk awal suatu mahluk hidup (evolusi). Fosil juga dapat memberikan informasi tentang pola makan (paleodiet), dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bagian tentang kegunaan fosil.


Apa kegunaan fosil?


Ada beberapa kegunaan fosil, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun kepentingan ekonomis. Dari segi ilmu pengetahuan fosil mengandung berbagai informasi yang dapat digunakan untuk mengetahui bentuk-bentuk kehidupan di masa lampau dan lingkungan hidup tempat mahluk-mahluk purba ini pernah hidup. Salah satu bidang ilmu pengetahuan yang ada kaitannya dengan fosil adalah taksonomi. Taksonomi adalah ilmu yang mempelajari hubungan kekerabatan antarmahluk hidup baik yang telah punah maupun yang masih ada


1. dari segi taksonomi : fosil mengandung informasi morfologis sehingga ilmuwan dapat mengenal dan memberinya nama serta mengtahui hubungannya dengan organisma lain berdasarkan morfologi tersebut.


2. dari segi etiologi (ilmu tentang perilaku) : fosil memberi informasi tentng cara hidup suatu organisma yang dulu pernah hidup dan sekarang telah punah.


3. dari segi evolusi : fosil memberi informasi tentang proses evolusi yang terjadi di Bumi.


4. dari segi ekologi : fosil memberi informasi dan pemahaman tentang sifat dan perkembangan ekosistem dan tentang interaksi antara hewan dan tumbuhan dengan lingkungannya di masa purba.


5. dari segi lingkungan : organisma tertentu distribusi dan keragamannya terbatas pada lingkungan tertentu (disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan). Keadaan lingkungan purba seperti salinitas, suhu, dan tingkat oksigen dapat diketahui melalui perbandingan antara organisma hidup dengan fosil.


6. segi kimiawi : susunan biokomia tubuh organisma yang satu berbeda dengan organisma lain dan melalui studi isotopik dapat diketahui suhu dan salinitas purba tempat organisma tersebut pernah hidup.


7. segi sedimentologis : fosil biasanya ditemukan berjenjang sesuai dengan lapisan pengendapan. Berdasarkan hal ini dapat diketahui proses sedimentasi yang telah terjadi di masa purba.


8. segi diagenetik : fosil memberi informasi tentang proses yang terjadi dalam sekuen sedimen yang menyertai kematian, proses terkuburnya organisma sampai pada saat penemuan organisma yang telah memfosil tersebut.


9. segi stratigrafi : fosil dapat memandu kolom stratigrafi yang ditentukan oleh batas waktu (time boundaries).


10. segi susunan pengendapan (way up) : urut-urutan sedimen dikenali melalui fosil yang ada di tiap lapisan umur sedimen. Berdasarkan hal ini dapat diketahui bahwa pengendapan terjadi dari bawah ke atas.


Mengenang letusan Krakatau

Hari ini, 127 tahun yang lalu alam menunjukkan kekuatannya. Kita merenung sejenak untuk bercermin betapa tidak berdayanya diri kita di hadapan kemahakuasaanNYA.


Krakatau sebelum letusan 1883 (http://www.geocities.com/)
Letusan besar Krakatau terjadi antara tanggal 26 dan 27 Agustus 1883. Puncaknya terjadi pada pukul 10.22 GMT tanggal 27 Agustus 1883, mengakibatkan runtuhnya sebagian besar badan gunung tersebut. Dua pertiga badan Krakatau lenyap. Kombinasi letusan dahsyat dan runtuhhnya gunung inilah yang mengakibatkan timbulnya gelombang tsunami yang menimbulkan kehancuran di sekitar Selat Sunda. Gelombang tsunami ini demikian kuatnya sehingga bongkah koral seberat 600 ton terlempar ke pantai, dan sebuah kapal perang hanyut hingga 3 km ke pedalaman serta terdampar pada ketinggian 10 m di atas permukaan laut. Debu piroklastik hanyut hingga 40 km dari tempat kejadian, dan dentuman letusan terakhir terdengar hingga jarak 4500 km! Sebelum letusan, ketinggian Pulau Krakatau adalah 450 m di atas permukaan laut, dan setelah letusan 250 m tinggi pulau ada di bawah permukaan laut.

Tsunami raksasa yang diakibatkan oleh letusan Krakatau pada tanggal 26 Agustus 1883 mencapai tinggi 37 m, dan mengahancurkan 295 desa dan kota di Selat Sunda, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan. Korban tenggelam mencapai lebih daripada 36.000 jiwa. Tsunami ini tercatat hingga mencapai seluruh Pasifik.


Tsunami mencapai desa-desa terdekat di Sumatera sekitar satu jam setelah terjadinya letusan, begitu juga dengan pantai barat Pulau Jawa. Di Anyer gelombang mencapai ketinggian 10 m, sedangkan di Merak mencapai 35 m. Dua setengah jam kemudian tsunami dilaporkan mencapai Batavia (Jakarta) dengan ketinggian 2,4 m; tsunami sampai ke Surabaya dalam jangka waktu 11,9 jam, namun di bagian timur Jawa ini tingginya hanya 0,2 m.

Sumber: http://www.geocities.com/; http://www.earlham.edu/

Selasa, 24 Agustus 2010

Fungsi perkakas prasejarah (5)

Kesimpulan
 
Subsistensi manusia prasejarah sangat tergantung pada sumberdaya-sumberdaya alam dan eksploitasinya terhadap lingkungan, baik dia memproduksi makanan ataupun tidak.
Manusia terus mengembangkan kebudayaan dan peradaban untuk mempermudah hidupnya. Penyesuaian demi penyesuaian terus dilakukan manusia terhadap alam agar dia tidak sepenuhnya bergantung pada alam, dan dengan demikian dia lebih dapat bertahan hidup. Berkenaan dengan hal ini Fagan (1975) menyatakan,

    They [manusia prasejarah] maintain an equilibrium with other animals and plants in the system, an equilibrium which is, however, subject to constant readjustments as all elements in the system change.

Dari pernyataan di atas memang tak dapat dipungkiri bahwa manusia selalu berusaha menciptakan keseimbangan dengan alam dan perubahan-perubahan yang terjadi di alam. Peralihan aktivitas subsistensi dari berburu dan meramu menjadi usaha membudidayakan tumbuhan dan binatang adalah juga upaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di alam. Kebutuhan akan budi daya tumbuhan dan binatang kemungkinan disebabkan oleh semakin menipisnya populasi hewan buruan. Berkembangnya peralatan juga dapat menjadi bukti penyesuaian manusia terhadap lingkungannya. Semakin maju peradaban semakin canggih pula alat yang diciptakan. Dengan demikian semakin maju peradaban akan semakin sedikit penyesuaian fisik yang terjadi. Sebailknya, penyesuaian kultural akan semakin tinggi intensitasnya.


Semakin berkembangnya peralatan pada masa prasejarah, baik bentuknya maupun fungsinya mengindikasikan bahwa manusia prasejarah mampu memanfaatkan lingkungannya secara efektif, dalam arti semakin banyak sumberdaya alam yang didayagunakannya dengan memakai peralatan tertentu yang sesuai dengan keperluan. 

(JM/14/12/00)

Fungsi perkakas prasejarah (4)

Perkembangan bentuk dan fungsi alat
 
Perubahan lingkungan ternyata berpengaruh pada bentuk aneka peralatan yang dipakai dalam rangka subsistensi sehingga dapat dikatakan bahwa berkembangnya peralatan merupakan salah satu bukti penyesuaian kultural manusia prasejarah terhadap lingkungannya. Haviland (1988) mengatakan bahwa permulaan penggunaan alat agaknya adalah akibat adaptasi lingkungan hutan yang berubah menjadi padang rumput. Dijelaskannya bahwa hominid yang dulu hidup di hutan lebat mempunyai banyak sumber makanan sekaligus tempat berlindung dari binatang buas. Dengan berubahnya iklim pada zaman purba maka hutan lebat menjadi padang rumput dan para hominid ini menjadi terbuka terhadap bahaya karena praktis tidak ada lagi perlindungan bagi mereka. Untuk mengatasi hal ini mereka membuat alat yang awalnya berupa tongkat untuk menghalau dan batu untuk melempari binatang yang mengganggu.
Contoh lain, pada masa glasial kurang lebih 11.500 tahun yang lalu para pemburu Amerika purba mempunyai spesialisasi berburu hewan-hewan besar, khususnya gajah purba yang pada waktu itu jumlahnya melimpah. Para pemburu ini memakai alat penusuk atau pelempar yang dipasang pada semacam lembing untuk membantai binatang buruannya. Ketika terjadi perubahan iklim menjelang 10.000 tahun yang lalu gajah purba semakim berukurang hingga akhirnya punah. Kepunahan binatang buruan ini tidak lalu mengakibatkan para pemburu kehilangan sumber bahan makanan. Mereka lalu mengalihkan aktivitas perburuannya pada bison yang jumlahnya masih melimpah dan relatif dapat bertahan terhadap iklim baru. Alat yang digunakan untuk berburu bison tentu saja tidak sama dengan alat yang dipakai untuk berburu gajah purba. Alat dimaksud berupa sebentuk pisau berbentuk cekung yang oleh para ahli disebut sebagai alat penusuk Folsom (Fagan, 1975; Haviland, 1988).

Alat penusuk Folsom (www.arrowheadology.com)

Pada zaman Neolitikum terjadi perubahan besar dalam cara memperoleh pangan. Manusia prasejarah pada waktu itu telah mengembangkan cara hidup berdasarkan pertanian dan pemeliharaan hewan ternak (Haviland, 1988). Bukti-bukti adanya pembudidayaan hewan dan tumbuhan ini diketahui dari sisa-sisa tumbuhan dan hewan di suatu situs arkeologis. Tanaman-tanaman yang telah dibudidayakan biasanya mempunyai tangkai yang lebih kuat dibandingkan dengan tanaman liarnya (Haviland, 1988). Sedangkan pada hewan yang telah dibudidayakan akan terjadi perubahan pada rangka, gigi geligi, atau tanduknya. Bukti-bukti lain yang mendukung hal-hal di atas adalah ditemukannya perkakas atau peralatan untuk panen dan penggilingan untuk memroses biji-bijian menjadi tepung, seperti yang ditemukan di Jarmo (Iran) dan Jericho (Jordania) (Haviland, 1988).

Salah satu situs di Jericho (www.wikipedia.com)

Alat-alat untuk memanen umumnya terbuat dari kayu atau tulang yang dipasangi batuapi bergigi (Haviland, 1988).  Sedangkan untuk mengolah padi digunakan lumpang dan penumbuk. Pada masa itu berkembang pula teknologi pembuatan tembikar untuk bejana dan wadah. Wadah-wadah ini diketahui digunakan untuk menyimpan biji-bijian, baik untuk keperluan konsumsi maupun untuk benih. Pengolahan makanan dengan cara merebus ataumemanggang dalam bejana tembikar juga sudah dikenal, dan ini terlihat dari sisa-sisa makanan yang gosong di dasar bejana tersebut.

Fungsi perkakas prasejarah (3)

Bukti-bukti diet prasejarah
 
    Rekonstruksi lengkap tentang diet prasejarah diperoleh dari sisa-sisa makanan di dalam perut mayat manusia prasejarah (jika mayat tersebut dimumikan seperti halnya pada beberapa kebudayaan Indian Amerika) dan dari kotoran manusia yang ditemukan di gua-gua kering dan situs-situs tempat tinggal mereka. Selain itu, bukti-bukti lain didapat dari tulang-tulang hewan yang telah disembelih untuk dimakan dagingnya ataupun diambil sumsumnya. Hewan-hewan buruan ini ada yang dibunuh di ladang perburuan dan bangkainya dibawa ke pemukiman. Ada pula yang dibawa ke tempat tinggal dalam keadaan masih hidup lalu disembelih di situ. Hampir semua bagian hewan dimanfaatkan : dagingnya tentu dimakan, ototnya dibuat tali, kulitnya dibuat pakaian, wadah, atau “rumah”. Tulang-tulang panjangnya dibelah dan diambil sumsumnya, beberapa diantaranya dibuat alat seperti mata panah, ujung harpun atau jenis alat untuk keperluan menguliti.
Palinologi (ilmu tentang serbuk sari) juga dapat mendukung dan menjadi sumber data bagi bukti-bukti subsistensi prasejarah. Melalui palinologi dapat diketahui tanaman apa saja yang tumbuh di lingkungan tempat hidup manusia prasejarah sehingga dengan demikian dapat diperkirakan sumber diet manusia prasejarah tersebut.

Penggunaan alat berkaitan dengan aktivitas subsistensi
    Manusia makan untuk hidup. Mengumpul dan meramu merupakan teknik yang paling sederhana dalam aktivitas mencari makan. “Alat” yang digunakan hanyalah lengan untuk mengangkut bahan maka yang terkumpul, kemudian tangan untuk memasukkan makanan ke mulut (Hoebel, 1958). Berbeda dengan hewan yang dapat mempergunakan alat tertentu untuk keperluan subsistensi, manusia tidak hanya mampu menggunakan alat tetapi juga menciptakan alat dan mengembangkan kebudayaan, dan sampai titik tertentu manusia dipengaruhi dan tergantung pada kebudayaan tersebut.
    Alat-alat yang diciptakan manusia tidak terbatas pada satu macam alat untuk satu macam keperluan. Satu alat dapat dipakai untuk berbagai keperluan, seperti memotong, menusuk, atau menyerut. Di samping itu manusia juga mengembangkan bentuk-bentuk alat sesuai dengan fungsi alat itu sehingga akhirnya ada alat tertentu yang dikhususkan untuk kegiatan tertentu. Misalnya, untuk menyerut diciptakan alat yang lebih halus dan dikerjakan dengan sangat cermat. Keanekaragaman alat ini juga memungkinkan manusia untuk mendapatkan aneka makanan dari berbagai sumber makanan sehingga terjadi diversifikasi pangan. Dengan kata lain, manusia bisa bertahan hidup karena dia tidak terspesialisasi pada satu aktivitas subsistensi tertentu. Hal ini membuatnya mampu mengatasi hambatan-hambatan dan gangguan yang disebabkan oleh alam.
    Berbagai macam batu, kayu, dan tulang digunakan manusia pada awal sejarahnya sebagai alat untuk mempermudah aktivitasnya. Manusia prasejarah berhasil membentuk batu menjadi alat yang disesuaikan dengan kebutuhan, dan dengan berbagai teknik mereka melakukan setiap kemungkinan dalam membentuk batu tersebut menjadi alat. Bentuk dasar yang diperoleh dalam pembuatan alat adalah dengan cara memotong dan menetak dengan menggunakan batu lain sampai dicapai bentuk yang diinginkan. Jenis batu yang dipakai biasanya berada di sekitar pemukiman mereka.
    Jenis alat atau piranti lain yang ditemukan dan diduga digunakan oleh manusia prasejarah adalah alat dari tulang, tanduk, dan kayu. Di daerah-daerah berhutan yang banyak timbernya kecenderungan pemakaian kayu sebagai perkakas lebih besar daripada pemakaian tulang atau tanduk.

Fungsi perkakas prasejarah (2)

Aktivitas subsistensi manusia prasejarah 

Berburu dan meramu
Pada tahap ini manusia hampir sepenuhnya tergantung pada alam. Manusia pada waktu itu hidup dari hewan buruan dan tanaman liar (belum dibudidayakan). Dengan kondisi seperti itu maka mereka lebih sering hidup berpindah tempat mengikuti musim tumbuhan tertentu, pasokan air dan perpindahan hewan buruan. Masyarakat perburu dan peramu seperti ini umumnya hidup berkelompok dengan jumlah anggota tidak banyak.

Pembudidayaan hewan dan tanaman
Pada masa ini manusia mulai mengetahui bahwa hewan dan tanaman dapat dibudidayakan dan itu akan mengurangi ketergantungan mereka pada lingkungan karena mereka dapat menyediakan sumber makanan tanpa harus mengikuti perpindahan binatang ataupun musim tumbuhan tertentu. Dengan demikian mereka dapat hidup menetap sambil memelihara hewan dan merawat tanaman pangan. Akibat dari perubahan kebiasaan dari hidup berpindah ke kehidupan menetap jumlah penduduk menjadi bertambah banyak. Pertambahan penduduk menyebabkan adanya spesialisasi pekerjaan karena orang tidak lagi dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan subsistensinya seorang diri. Kehidupan bermasyarakat menjadi kompleks.
    Perubahan pola subsistensi ini tampaknya dipengaruhi oleh keadaan lingkungan, misalnya saja menipisnya binatang buruan karena sebab-sebab alamiah, bertambahnya jumlah penduduk sehingga hewan yang ada tidak sesuai lagi dengan kebutuhan, atau terjadinya perubahan iklim. Selain faktor-faktor tersebut para ahli berpendapat bahwa perkembangan perekonomian prasejarah tidak saja tergantung pada perubahan-perubahan dalam alam dan habitat manusianya tetapi juga tergantung pada penciptaan alat-alat yang lebih efektif dalam rangka memperoleh makanan, terutama dalam memproduksi makanan (bukan hanya dalam mengumpulkan makanan saja (Fagan, 1975). Alat-alat yang dibuat oleh manusia prasejarah selama rentang sejarahnya yang panjang merupakan sarana yang digunakannya untuk mengatasi keterbatasan anggota badannya dan memperluas pemanfaatan lingkungan (Fagan, 1975).

Fungsi perkakas prasejarah (1)

ARTEFAK: SARANA PENYESUAIAN DIRI MANUSIA PRASEJARAH
DENGAN LINGKUNGANNYA DALAM RANGKA MAKAN DAN MENCARI MAKAN

Oleh. Julianty M


    Sejak awal kehadirannya di bumi, secara langsung atau tidak langsung, manusia selalu tergantung pada lingkungan alam tempat dia hidup. Kenyataan ini tampaknya menjadi fakta yang tidak mungkin disangkal dan kita semua memakluminya. Kebutuhan manusia akan lingkungan berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan akan sumber makanan dan pemukiman. Tercakup di dalam hal ini adalah jumlah serta kualitas sumber makanan, jumlah serta kualitas angin, cuaca, suhu, air, serta kelembaban. Hubungan manusia dengan lingkungannya adalah hubungan yang timbal balik, dalam arti manusia tidak saja dipengaruhi oleh lingkungan tetapi juga mempengaruhi lingkungan. Interaksi manusia dengan lingkungannya sudah sejak dahulu terjadi, bahkan sejak mula pertama kemunculannya manusia sudah mengeksploitasi alam untuk keperluan subsistensi (mencari makan).
    Dari data arkeologis maupun paleontologis manusia prasejarah diketahui sudah melakukan perburuan terhadap hewan-hewan tertentu untuk sumber makanannya. Selain itu diketahui pula bahwa mereka pun mengkonsumsi berbagai jenis tumbuhan untuk menambah asupan kalori dalam tubuhnya.
    Cara-cara manusia prasejarah mendapatkan makanan sejak Kala Plestosen Bawah tidak saja mempengaruhi kelangsungan hidupnya tetapi juga mempengaruhi hampir semua aspek dalam masyarakat dan kebudayaan di mana dia hidup (Fagan, 1975). Selama terjadi interaksi manusia dengan lingkungannya telah terjadi perubahan besar karena manusia terus-menerus melakukan penyesuaian dengan lingkungan baik secara fisik maupun –bahkan terlebih- secara kultural. Tahapan aktivitas mencari makan pada manusia prasejarah dikenal dengan tahapan berburu dan meramu, yang kemudian secara bertahap beralih ke pembudidayaan tanaman dan hewan, kemudian selanjutnya melangkah lagi ke pertanian, yang lalu melahirkan peradaban-peradaban besar berkat lompatannya yang luar biasa dalam penyesuaian kultural manusia terhadap lingkungan.

Minggu, 22 Agustus 2010

Museum Geologi dan Forum Peduli Museum

Foto oleh Asep Ewon
MUSEUM GEOLOGI DAN FORUM PEDULI MUSEUM
oleh: Julianty M

Museum adalah lembaga tetap yang berada di lingkungan yang terus berubah, yaitu masyarakat di sekitarnya. Oleh karena itu museum harus dapat mengikuti kecenderungan perubahan yang terjadi di masyarakatnya. Dewasa ini museum tidak lagi dipahami hanya sebatas sebuah bangunan tempat menyimpan barang-barang yang sudah tidak berguna. Pemahaman ini sudah jauh bergeser, bahkan ditinggalkan. Sekarang museum sudah dimaknai sebagai lembaga yang dapat menjadi agen perubahan sosial. Peran museum yang unik, yaitu melakukan preservasi dan presentasi perkembangan seni, budaya, dan ilmu pengetahuan, sudah semakin menonjol dan tak terbantahkan lagi. Sejalan dengan itu, peran edukatif museum pun tidak dapat diabaikan karena sudah menjadi bagian yang inheren dalam dua peran yang disebutkan sebelumnya.

Museum adalah lembaga edukatif nonformal yang memberi ruang gerak yang jauh lebih longgar dibandingkan dengan lembaga edukatif formal-klasikal. Di museum orang dapat belajar secara mandiri tanpa dibatasi waktu sepanjang jam buka museum. Di museum proses pembelajaran dapat diikuti oleh semua umur dan kalangan, tidak dibatasi tahun ijazah dan tidak ada tekanan untuk mengikuti ujian akhir ataupun ketakutan akan tidak naik kelas.
Namun, ternyata tidak serta merta orang mau datang ke museum. Beberapa penyebab orang enggan datang ke museum adalah:
1.    Kendala jarak
2.    Kendala finansial
3.    Tidak adanya kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat
4.    Kurangnya informasi tentang museum itu sendiri

Dua kendala pertama berada di luar kendali pihak museum. Dua hal terakhir hampir sepenuhnya ada dalam kendali pihak museum. Untuk mengatasi kedua hal terakhir tersebut museum tidak dapat bekerja sendiri. Museum membutuhkan mitra yang dapat bekerja dalam semangat kerja sama (co-operative spirit) [Moore, 1994]. Oleh karena itu museum membutuhkan sebuah wadah yang dapat menjadi penghubung dengan masyarakat. Sebuah wadah yang bukan hanya berfungsi sebagai wadah (statis) melainkan juga dapat berfungsi sebagai wahana (dinamis). Wahana ini harus dapat bergerak bebas tetapi terarah untuk menjembatani museum dengan masyarakat. Tak terkecuali Museum Geologi. Sebagai museum khusus, Museum Geologi pun membutuhkan wahana dimaksud dan Forum Peduli Museum (MUSEUMcare) hadir untuk mengisi kesenjangan tersebut.

Forum Peduli Museum (MUSEUMcare) adalah organisasi/komunitas independen yang terdiri atas berbagai profesi di masyarakat yang memiliki kepedulian kepada museum dan bertujuan memberikan sumbangan pemikiran demi perkembangan dan kemajuan museum di Indonesia. Tidak berhenti pada perhatian dan pemikiran, Forum Peduli Museum (MUSEUMcare) pun bertekad untuk mewujudkan pemikirannya melalui tindakan konkret berupa penyelenggaraan berbagai program kegiatan yang bersifat mengajak museum dan masyarakat untuk saling melakukan apresiasi. Visi Forum Peduli Museum (MUSEUMcare) adalah “pencerdasan bangsa melalui pemberdayaan museum”, dengan motto SMART MUSEUM, SMART PEOPLE, SMART NATION. Di usianya yang semakin matang, tidaklah berlebihan jika Museum Geologi membuka diri untuk menerima aspirasi masyarakat dan menyambut baik kehadiran Forum Peduli Museum (MUSEUMcare).

Goode (dalam Moore, 1994) menyebutkan bahwa sebuah museum dapat berjalan dengan baik berkat adanya faktor-faktor berikut:
1.    Organisasi yang stabil dan sarana pendukung yang memadai;
2.    Perencanaan yang matang yang sejalan dengan kerangka kerja organisasi dan ketbutuhan masyarakat;
3.    Koleksi sebagai materi yang menjadi bahan pekerjaan;
4.    Orang yang bekerja sesuai dengan keahliannya (kurator);
5.    Bangunan yang layak sebagai tempat bekerja, dan
6.    Peralatan yang memadai untuk menunjang pekerjaan.
Tidak berlebihan kiranya jika mengatakan bahwa Museum Geologi telah memiliki semua faktor di atas. Yang diperlukannya sekarang adalah menginformasikan keberadaannya kepada khalayak, sekaligus memberikan apresiasi kepada masyarakat. Bagaimanapun Museum Geologi tetap membutuhkan promosi. Bukan untuk memperkenalkan diri, tetapi untuk menyatakan bahwa museum ini masih ada (I am still here) untuk melayani kebutuhan masyarakat akan informasi (khususnya informasi kegeologian, dan informasi tentang alam, budaya, dan ilmu pengetahuan pada umumnya). Promosi Museum Geologi adalah dengan cara menyelenggarakan berbagai program yang dapat melibatkan masyarakat, dan Forum Peduli Museum (MUSEUMcare)-lah yang menjadi wahananya. Sekali lagi, bagaimanapun museum membutuhkan dukungan masyarakat untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, tak terkecuali Museum Geologi. Museum dipercaya masyarakat untuk melakukan dua hal penting bagi masyarakat, yaitu a) preservasi dan presentasi perkembangan seni dan ilmu pengetahuan, baik yang kontemporer maupun masa lalu, dan b) menyampaikan pengetahuan (Suhel, dalam Moore, 1994). Jika museum tidak dapat memenuhi harapan masyarakatnya, maka dia akan ditinggalkan dan kembali menjadi sebuah gedung (bahkan gudang) yang kaku dan sulit disentuh.
@@@@@

ACUAN UTAMA
Moore, Kevin (ed.) 1994 Museum Management, Routledge, London.

* Catatan: MUSEUMcare diluncurkan di Bandung pada tanggal 21 Agustus 2010.

Jumat, 20 Agustus 2010

Artefak paleolitik



Artefak adalah objek yang mudah dibawa (portable) yang dibuat dan dimodifikasi serta dipakai oleh manusia, seperti perkakas batu, bejana keramik dan senjata dari logam (Renfrew & Bahn, 1996:45). Artefak merupakan sarana manusia untuk beradaptasi dengan lingkungannya, dan dengan demikian menentukan strategi makan, niche, wilayah perburuan dan buruan (Jacob, 1987). Artefak menjadi perpanjangan tangan manusia untuk membantunya mempermudah pekerjaannya. Pada mulanya manusia memanfaatkan apa saja yang tersedia di alam untuk keperluan subsistensinya. Kemudian lama-lama dia mampu menciptakan alat yang diolah dan digunakannya untuk mengeksploitasi alam, dan ini akan tampak bekasnya pada alat-alat yang telah digunakannya tersebut.
Renfrew & Bahn (1996:45-46) menyebutkan bahwa informasi yang dapat diperoleh dari sebuah artefak adalah:
1.    umur alat tersebut dan juga penentuan pertanggalan (dating) lokasi penemuan alat;
2.    sumber bahan baku pembuatan alat sehingga dapat diketahui daya jelajah di pembuat alat dalam memanfaatkan lingkungan;
3.    bentuknya dapat dipakai untuk membuat klasifikasi tipologi alat; dan
4.    sisa organik maupun anorganik pada alat dapat digunakan untuk menganalisis diet prasejarah, lingkungan prasejarah, dan cara alat itu dipakai.

Artefak  dapat memberikan gambaran tentang perilaku manusia pembuat dan pemakainya. Metode yang umum dilakukan dalam arkeologi untuk memahami hal ini adalah pendekatan etnografis. Dengan pendekatan ini arkeolog membandingkan temuan arkeologis dengan alat serupa/sejenis yang masih dipakai oleh masyarakat tradisional pada masa sekarang. Jika didapati alat tertentu digunakan untuk aktivitas tertentu pada masa sekarang maka diasumsikan bahwa artefak sejenis digunakan untuk aktivitas serupa pada masa prasejarah.

Kamis, 19 Agustus 2010

Film dan museum

Gambar merupakan bahasa universal untuk menyampaikan pesan. Sejak dahulu kala manusia sudah mengenal gambar untuk mengabarkan pengetahuannya kepada sesamanya, baik kepada kawan maupun lawannya. Gambar adalah simbolisasi fakta, dan merupakan sistem tanda. Bahkan huruf yang kita kenal sekarang pada mulanya adalah juga gambar, yaitu gambar yang melambangkan bunyi tertentu. Aksara Cina hingga saat ini masih mempertahankan sifat gambar tersebut, sehingga tidak disebut alfabet, melainkan karakter. Setiap tanda melambangkan karakter tertentu (karakter air, pohon, sungai, manusia, dan seterusnya). Karena sifatnya yang universal itu maka gambar dapat dipahami oleh semua orang yang pernah mengenal konsep yang dgambarkan tersebut sebelumnya. Itu pula sebabnya mengapa orang Jepang dan Korea dapat membaca dan memahami karakter Cina, meskipun berbeda dalam membunyikannya. 

Mengapa gambar?
    Fenomena optik sudah sejak lama menjadi perhatian manusia. Para ilmuwan masa klasik sudah membahas tentang pelangi, cermin, radiasi, bayangan, pantulan, dan cahaya (Lindberg, 1976). Mata dan penglihatan menjadi titik perhatian untuk diteliti. Melalui matalah kita menangkap seluruh fenomena dan mengirimkannya ke simpul-simpul saraf di otak yang kemudian mengolahnya menjadi informasi. Manusia adalah mahluk yang memiliki kecenderungan untuk meniru. Mereka pun meniru aneka fenomena alam yang dilihatnya dan menuangkannya ke dalam gambar melalui berbagai media. Mulai sekedar torehan ranting kering pada lempung, hingga lukisan di dinding gua.
Sejak masa prasejarah, manusia sudah membuat gambar di dalam gua tempat tinggalnya. Tema yang disampaikan biasanya aktivitas berburu dan upacara keagamaan. Dari gambar yang mereka buat kita jadi tahu jenis binatang yang hidup pada masa itu dan dijadikan sumber pangan mereka. Dari situ pula kita tahu tata cara perburuan dan senjata apa yang digunakan.


Dewasa ini kita pun hidup dalam lingkungan yang dipenuhi gambar, dengan segala macam ragamnya.  Ke manapun kita menengok, maka gambar akan menyergap kita dan membentuk kesan yang kuat di dalam benak. Jika kita berjalan-jalan sejenak maka kita akan melihat berbagai gambar dalam papan iklan, di badan angkot, di kaos T-shirt, di tas sekolah, di badan becak, bahkan di badan manusia (tato). Semuanya seakan beriklan dan menjelaskan identitas yang disandang. Yang sangat mendominasi adalah gambar dalam televisi, mulai iklan hingga film. Gambar dalam iklan televisi bahkan dapat membius penontonnya untuk mengikuti pesan yang disampaikan sehingga timbul gaya hidup konsumtif yang dipicu oleh iklan dalam televisi. 


Film adalah citra bergerak (moving image), atau gambar hidup (bioscoop). Jika gambar tak bergerak membuat kita bergerak untuk mengamatinya, maka film sebaliknya. Penonton film diam di tempat. Oleh karena itu penonton film tidak memiliki banyak waktu untuk memusatkan perhatian pada apa yang dilihatnya karena gambar dalam film bergerak sedemikian cepatnya. Film melibatkan hampir seluruh indera. Menonton film membutuhkan konsentrasi audio, visual, maupun perseptual dalam waktu singkat. Sedangkan pada gambar tak bergerak kita bebas mengatur waktu untuk mengamatinya. Namun film sebagai gambar bergerak memiliki fleksibilitas karena penonton dapat melihatnya dalam berbagai perspektif, sedangkan gambar tak bergerak hanya dapat dinikmati dari satu perspektif saja. Kekuatan film terletak pada kesinambungan perpindahan gambar dan logika berkisah. Film juga dapat membangun emosi tertentu bila dilengkapi dengan musik dan dialog/narasi yang memang dibuat untuk tujuan tersebut. Oleh karena itu film disukai sebagai alat propaganda, mulai propaganda rokok yang mengesankan kejantanan hingga propaganda politik yang menyesatkan. Tentu saja film pun dapat digunakan untuk mengampanyekan hal-hal positif, pendidikan misalnya.
 

Vaughan (dalam Crawford dan Turton, 1992) menyebutkan bahwa film memiliki dua sisi, yaitu sebagai catatan/rekaman (record), dan sebagai bahasa (language). Film sebagai catatan mengandung arti bahwa film bersifat mendokumentasikan peristiwa. Lebih khusus lagi peristiwa yang langka, atau tak mungkin terulang lagi. Dari sisi ini tampak betapa film dapat menjadi media sangat penting dalam menginformasikan sebuah peristiwa kepada generasi yang akan datang, yang tidak pernah melihat ataupun mengalami hal-hal yang ada dalam film tersebut. Film sebagai bahasa (language) mengandung arti film sebagai salah satu alat untuk menyampaikan pesan. Melalui film penonton diajak untuk merenungkan gagasan si pembuat film tersebut. Dengan film kita dapat menggiring massa untuk berpikir seperti yang kita inginkan. Film dapat mengharu biru perasaan, membangkitkan simpati dan membangun empati kepada sesama, bahkan memaki dan mencaci. Semua itu karena melalui film kita seolah melihat realitas yang terjadi, langsung di tempat kejadian.
    Sejalan dengan Vaughan, Bank (dalam Crawford & Turton, 1992) mengemukakan bahwa film memiliki sisi sebagai objek (object) dan sekaligus juga sebagai konsep (concept). Film sebagai objek merujuk pada kapasitas penyimpanan dokumen yang dimiliki pita seluloid (documentational capacities of celluloid strip), sedangkan film sebagai konsep merujuk pada kapasitas film sebagai produk sinematik (cinematic products). Jika ditelisik lebih cermat, maka kedua sisi film yang disifatkan baik oleh Vaughan maupun Bank memiliki semangat yang saling mendekati satu sama lain. Singkatnya, dengan film kita bisa menyimpan data/informasi, sekaligus menyebarluaskannya. Bahkan Hastrup (1992) menyebutkan film bukan hanya untuk memperoleh data tetapi juga untuk menciptakan data.

Penelitian pengunjung

Sebagai sebuah lembaga yang menjadi tempat yang dikunjungi oleh banyak orang, museum seharusnya melakukan penelitian berkala terhadap pengunjungnya. Penelitian serupa ini penting terutama untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung. Museum harus dapat memenuhi harapan dan kebutuhan komunitasnya, dan harus melakukan evaluasi apakah yang diperagakannya dapat dimengerti dan apakah sudah memenuhi rasa ingin tahu pengunjungnya. Sayangnya, di negara kita masih sangat sedikit museum yang melakukan penelitian pengunjung (audience research) secara serius. Lebih sedikit lagi (atau malah tidak ada?) museum yang menindaklanjuti hasil penelitian pengunjung tersebut. Berikut ini studi kasus yang dilakukan oleh beberapa museum di Amerika terhadap masyarakatnya dan bagaimana museum-museum tersebut merespon dan mengapresiasi masyarakatnya. 

THE MUSEUM AS RESEARCH


Sebagai lembaga pendidikan, museum memiliki tugas yang sulit. Museum berhubungan dengan pengunjung yang beraneka ragam yang memiliki perbedaan besar dari segi umur, pendidikan, dan latar belakang budaya. Museum mengajar dengan cara permisif, dalam arti pengunjung datang sekehendak mereka, tinggal selama mereka suka, dan bergerak bebas tanpa ada pengawasan, serta mengamati objek yang menarik perhatian mereka, yang jika dirata-ratakan hanya beberapa detik saja per peragaan. Tidak ada tujuan instruksional, buku teks, peringkat, ataupun ujian untuk menggambarkan ataupun mengevaluasi pengalaman belajar. Namun, museum sering memberi dampak besar kepada para pengunjungnya dan menggerakkan minat yang dapat mengarah pada pendidikan-diri yang sebenarnya.

Dengan bekerja memakai pendekatan belajar terbuka seperti itu, kurator museum, staf perancang dan staf edukasi harus tahu bagaimana membangun peragaan yang akan menarik dan memberi pengajaran kepada pengunjung serta bagaimana merencanakan program-program lain yang dapat membantu memotivasi pemahaman yang tak akan lekang. Dengan demikian museum perlu mempertimbangkan aspek-aspek psikologis, sosiologis, dan motivasional dari setiap upaya pendidikannya yang permisif dan informal tersebut, serta menggunakan metode-metode penelitian yang akan menguji dan meningkatkan efektivitas upaya tersebut. Jika tidak, sebagaimana dikatakan oleh Stephan F. de Borhegyi, “museum akan gagal menjalankan fungsinya sebagai penyedia pendidikan massa dan hanya akan menjadi gudang megah, fasilitas rekreasi, atau klub eksklusif bagi kaum terpelajar.”

Atas desakan Clark Wissler, pada tahun 1924, The American Association of Museums memanggil psikolog Edward S. Robinson untuk secara cermat melakukan penelitian terkontrol mengenai time-and-motion terhadap pengunjung museum. Dengan menggunakan stopwatch dan clipboard, Robinson beserta rekan dan mahasiswanya secara ilmiah dan diam-diam mengamati reaksi pengunjung di museum-museum di Chicago, Milwaukee, Philadephia, New York, dan Buffalo. Mereka mendapatkan penemuan yang mengejutkan. Misalnya, Robinson menemukan bahwa pengunjung rata-rata menghabiskan waktu sembilan detik untuk mengamati setiap peragaan di museum besar, dan duabelas hingga limabelas detik di museum yang kecil. Arthur Melton menemukan bahwa 75% pengunjung, ketika memasuki ruang peragaan, berbelok ke kanan, terus bergerak berlawanan arah jarum jam, dan jika terlihat ada pintu keluar ketika mereka sampai di bagian belakang ruangan, mereka hanya mengamati peragaan di dinding sebelah kanan. Peragaan di sebelah kiri, yang dekat dengan pintu masuk, tampaknya diabaikan sama sekali. Melton juga mengamati betapa kuatnya daya tarik pintu keluar, banyak pengunjung yang ketika melihat ada pintu keluar di depannya, langsung saja menuju ke sana, tanpa memperhatikan lagi peragaan lainnya di ruangan tersebut.
Mungkin konsep paling penting yang ditanamkan oleh para perintis psikologi investigatif tahun 1920-an dan 1930-an ini adalah bahwa setiap tata peragaan dalam sebuah museum saling bersaing satu sama lain. Cara menempatkan sebuah objek dan jumlah objek merupakan hal penting dalam menentukan berapa lama setiap objek akan diamati oleh pengunjung. Di museum-museum ilmu pengetahuan dan industri, Melton menemukan bahwa menempatkan objek bergerak pada sebuah benda peraga akan segera menarik pengunjung, dan daya tarik ini akan lebih kuat lagi jika pengunjung menghidupkan objek bergerak itu dengan cara memijit tombol atau memutar tuas. Pengamatan ilmiah seperti ini memberi harapan kepada museum untuk dapat lebih memahami reaksi pengunjungnya, memberi peluang pada benda peraganya untuk mendapatkan perhatian maksimum, dan melakukan uji coba dengan maket sebelum melakukan pemasangan akhir.

Penelitian Demografis Museum
Jenis penelitian lain mengamati demografi pengunjung museum dengan cara melakukan survei pengambilan sampel menggunakan wawancara  memakai kuesioner, atau hanya memakai kuesioner saja. Beberapa penelitian terkenal semacam ini adalah projek yang dilaksanakan di Milwaukee Public Museum (1952-1953), Royal Ontario Museum di Toronto (1959-1960), New York State Museum di Albany (1966), dan the Smithsonian’s National Museum of History and Technology serta National Museum of Natural History (1968-1969). Inggeris juga mulai memakai jenis penelitian ini di Ulster Museum di Belfast ((1968-1970), dan di Antiquities Gallery di Dundee (1970).

Survei-survei semacam ini biasanya mengelompokkan pengunjung berdasarkan jenis kelamin, ras, umur, latar belakang pendidikan, pekerjaan, tingkat pendapatan, tempat tinggal, tingkat kekerapan kunjungan, lamanya kunjungan, sendiri atau dengan teman, dan alasan berkunjung. Pada umumnya, pengunjung museum adalah warga kulit putih, berusia muda (tetapi pengunjung the Smithsonian adalah golongan paruh baya), dari segi pendapatan berada pada kelas menengah atas, pendidikan di atas rata-rata, berkunjung museum bersama teman atau keluarga, dan tinggal selama sekitar satu setengah hingga dua jam. Profil pengunjung seperti ini mengundang pertanyaan mendasar: apakah museum harus menyesuaikan perannya dengan pengunjung yang agak elit seperti itu, ataukah museum harus mengambil langkah untuk menarik orang-orang tua, kelompok minoritas, dan kelas yang tidak begitu istimewa? Jelaslah, pengelola museum harus menentukan apa tujuan mereka, dan bukannya melaksanakan program hanya karena program tersebut disukai banyak orang.
Kadang-kadang survei seperti ini memasukkan pertanyaan-pertanyaan yang membantu museum memecahkan masalah-masalah praktis. Penelitian di Milwaukee menunjukkan bahwa keberadaan tangga ternyata mengganggu pengunjung (mengurangi popularitas peragaan), peragaan di lantai dua kehilangan sekitar 25% dari total jumlah pengunjung, dan peragaan di lantai tiga berkurang 25% lagi. Oleh karena itu bangunan museum Milwaukee yang baru memasang eskalator untuk mengatasi hal tersebut. Di Toronto, survei ini meneliti kesan staf museum terhadap pengunjung yang dianggapnya lebih berpendidikan dan lebih kaya. Hanya satu persen dari pengunjung New York State Museum yang pernah mendengar tentang museum ini melalui radio, televisi, atau pers (dibandingkan dengan 66% yang mendengarnya dari mulut ke mulut); ini menunjukkan betapa perlunya publisitas yang lebih baik melalui media massa. Sejumlah besar pengunjung juga mengharapkan adanya restoran atau warung kopi, ini penting diketahui jika akan membangun museum baru. Di Smithsonian, 63% pengunjungnya menginginkan informasi tambahan untuk peragaan.
Museum Ulster yang melakukan ekspansi lebih besar, tidak hanya melakukan survei terhadap pengunjungnya, tetapi turun ke jalan untuk mengambil sampel mengenai sikap masyarakat. Delapanpuluh tujuh persen dari mereka yang bukan pengunjung menyebutkan pernah mendengar tentang museum tersebut, tetapi 63% tidak tahu di mana letaknya, 38% tidak tertarik pada museum, dan 40% tidak dapat meluangkan waktu untuk berkunjung (mungkin perlu dicoba untuk membuka museum pada hari Minggu, atau malam hari). Tampak jelas pula bahwa museum tersebut terutama menarik bagi pelajar dan anak muda. Ketika merencanakan untuk melakukan renovasi, The Antiquities Gallery di Dundee merasa kecewa karena  85% pengunjungnya menyukai perpaduan antara peragaan yang sudah ada dengan arkeologi, sejarah lokal/setempat, dan sejarah alam; 43% dari orang dewasa yang disurvei tidak merekomendasikan dibangunnya galeri baru.

Rabu, 18 Agustus 2010

Setelah PD II: perkembangan baru dan peran baru

Museum dan masyarakat
Tahun-tahun setelah PD II merupakan periode pencapaian luar biasa bagi museum. Hal ini tercermin baik pada kebijakan internasional maupun nasional dan pada masing-masing museum ketika museum-museum tersebut merespon masyarakat yang semakin terpelajar dan berubah dengan cepat. Museum menjadi fasilitas edukasional, sumber kegiatan hiburan, dan medium komunikasi. Kekuatan museum terletak pada fakta bahwa museum merupakan tempat penyimpanan “benda nyata”, yang – tidak seperti dunia plastik di sekitar kita, gambar hasil reproduksi, dan lingkungan alam dan manusia yang semakin rusak – dapat memberi inspirasi dan memicu rasa takjub, realitas, stabilitas, bahkan nostagia.

Khususnya di Eropa, ada periode rekonstruksi pascaperang. Selama perang banyak karya seni dipindahkan demi keamanan, dan sekarang harus diperbaiki serta diperagakan kembali; bangunan-bangunan juga harus dipugar. Pada beberapa kasus, museum dan koleksinya hancur; pada kasus lain koleksi museum dijarah (meskipun pada beberapa kasus ada ganti rugi). Rekonstruksi menyediakan kesempatan untuk mewujudkan gagasan yang telah muncul pada awal abad ini. Muncul pendekatan baru, dan pada pendekatan ini para kurator di museum-museum besar menjadi anggota tim yang terdiri atas berbagai ilmuwan sebagai konservator, para perancang yang membantu pekerjaan di peragaan, para edukator yang membangun fasilitas baik untuk pelajar maupun masyarakat, para ahli informasi yang menangani data ilmiah yang melekat pada koleksi, bahkan para manajer pemasaran untuk mempromosikan museum dan pekerjaan museum. Ada pergeseran jelas dari melayani ilmuwan (sesuai dengan institusi yang menyimpan banyak bukti primer dunia material) menjadi sekaligus penyedia jasa bagi masyarakat awam. Akibat dari inovasi ini museum mendapat popularitas baru dan menarik semakin banyak pengunjung. Kebanyakan pengunjung museum adalah wisatawan, dan pemerintah, khususnya di negara-negara Eropa tertentu, segera mengakui kontribusi museum bagi perkembangan ekonomi.

Data statistik dari Amerika Serikat memberikan indikasi meningkatnya jumlah museum dan kunjungan ke museum. Berdasarkan laporan tahun 1988, dari 8200 museum 75% berdiri sejak tahun 1950 dan 40% sejak tahun 1970. Di tahun 1970-an museum-museum di Amerika mendapatkan hampir 350 juta kunjungan per tahun; di tahun 1988 angka yang dilaporkan menjadi 566 juta kunjungan. Di berbagai tempat di Rusia museum negeri saja diketahui mendapat kunjungan sekitar 140 juta kunjungan per tahun, sementara beberapa museum yang tertua di Eropa – seperti the British Museum, the Louvre, dan the Hermitage – secara teratur menarik lebih daripada 3 juta kunjungan per tahun. Beberapa museum ilmu pengetahuan dan teknologi bahkan lebih populer lagi.

Di samping pertumbuhan tersebut, masih saja ada kesenjangan dalam keberadaan museum. Lebih dari duapertiga museum dunia ada di negara-negara industri, dengan perbandingan satu museum berbanding kurang dari 50.000 penduduk Eropa dan Amerika Serikat. Tetapi di India atau Nigeria, perbandingannya satu museum berbanding 1,5 juta penduduk.

Museum dan lingkungan
Di antara berbagai faktor yang berkontribusi pada perkembangan museum sejak pertengahan abad ke-20 salah satunya adalah meningkatnya kesadaran akan lingkungan dan kebutuhan untuk melestarikannya. Banyak situs ilmiah penting telah dilestarikan dan diinterpretasikan, kadang-kadang di bawah perlindungan taman nasional, dan situs serta bangunan bersejarah pun dipugar, kemudian dijadikan museum. Hal ini berujung pada berkembangnya lanskap sejarah dan alam sebagai museum, seperti halnya renovasi Mystic Seaport di Connecticut sebagai museum maritim, pemanfaatan Ironbridge Gorge sebagai museum untuk menginterpretasikan tumbuhnya Revolusi Industri di Inggeris, serta pemugaran kota-benteng abad pertengahan di Suzdal dan Vladimir di Rusia. Di Australia masa keemasan gold rush direka ulang dalam bentuk Sovereign Hill Historical Park, di dekat kota tambang emas Ballarat. Goree, sebuah pulau kecil di lepas pantai Senegal yang menjadi gudang utama bagi perdagangan budak di Atlantik, dipugar sebagai situs bersejarah dengan sejumlah museum pendukung.

Perkembangan yang berkaitan adalah ekomuseum, seperti Ecomuseum of Urban Community di Le Creusot-Montceau-les-Mines di Perancis. Di sini dilakukan eksperimen besar-besaran yang melibatkan masyarakat secara keseluruhan - bukan hanya para spesialis - dalam menginterpretasikan lingingan alam dan manusia, sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih baik di antara penduduk tentang sebab-sebab terjadinya perubahan lingkungan, sosial, dan budaya. Sebagian proyek ini termasuk melakukan akuisisi dan preservasi artefak-artefak masif; tetapi tidak ada hal yang lebih spektakuler dibandingkan dengan mengangkat kapal dari dasar laut (misalnya kapal Vasa, kapal dinasti Sung dari Ch’uan-chou, kapal Mary Rose, ataupun gigi roda Henseatic dari Bremerhaven; semua kapal tersebut secara berturut-turut sekarang disimpan di museum di Swedia, Cina, Inggeris, dan Jerman).

Ledakan museum pertama

Eropa

Selama paruh kedua abad ke-19 museum mulai semakin banyak di Eropa; gerakan kebanggaan akan negara dan kebebasan pendidikan adalah penyebab di antara banyak penyebab terjadinya perkembangan ini. Selama 15 tahun sebelum 1887 di Inggeris ada 100 museum yang dibuka, sementara 50 museum lainnya beridiri di Jerman dalam kurun waktu antara 1876-1880. Periode ini juga merupakan periode inovasi. Museum Liverpool di Inggeris, misalnya, mulai mengedarkan spesimen ke sekolah-sekolah untuk tujuan pendidikan; kelompok-kelompok panorama dan habitat digunakan untuk memfasilitasi interpretasi. Ketika lampu gas pertama dan kemudian lampu listrik ditemukan, museum memperpanjang jam buka hingga malam hari untuk melayani mereka yang tidak dapat berkunjung di siang hari.

Amerika Selatan
Meningkatnya jumlah museum, bagaimanapun, tidak saja terjadi di Eropa atau di Amerika Utara. Di Amerika Selatan khususnya, museum-museum baru didirikan baik di ibukota maupun di provinsi. Beberapa di antaranya didirikan oleh universitas, seperti kasus Geological Museum di Lima, Peru (1891), atau Geographical dan Geological Museum di São Paolo, Brazil (1895). Museum lainnya didirikan oleh lembaga provinsi: museum daerah di Córdoba (1887) dan Gualeguaychu (1898) di Argentina, dan di Ouro Prêto, Brazil (1876); Hualpen Museum, Chile (1882); atau Municipal Museum and Library di Guayaquil, Ekuador (1862). Museum nasional khusus yang baru juga muncul di negara-negara tertentu, sementara di Tigre (Argentina) sebuah museum maritim didirikan pada tahun 1892. Pada awal abad berikutnya, dibuatlah museum peringatan, termasuk museum peringatan yang dipersembahkan kepada Bartolomé Mitre, presiden Argentina sebelumnya, di Buenos Aires (1906) dan kepada Simón Bolivar di Caracas, Venezuela (1911).

Asia
Pada saat tersebut, Museum India di Kolkata, dan Museum Pusat Kebudayaan Indonesia di Jakarta, merupakan lembaga yang sudah mapan di Asia, tetapi beberapa museum baru pun bermunculan pula. Pada tahun 1872 di Jepang dibuka sebuah museum yang bertujuan mendorong industri dan perkembangan sumberdaya alam; museum ini kemudian menjadi Tokyo National Museum and National Science Museum yang dikenal sekarang. Meskipun pada akhir abad ke-19 di Cina sudah ada museum milik kalangan terpelajar, museum pertama dalam arti yang sesungguhnya baru ada di provinsi Kiangsu, yaitu Museum Nan-t’ung yang didirikan pada tahun 1905. Satu dekade kemudian berdiri Museum of the History of China di Peking (Beijing) dan Northern Territory Museum di Tientsin. Koleksi yang ditempatkan di Grand Palace di Bangkok pada tahun 1874 sekitar 60 tahun kemudian menjadi National Museum of Thailand. The National Museum of Ceylon (sekarang Srilanka) dibuka untuk umum pada tahun 1877; Sarawak Museum (sekarang di Malaysia) dibuka pada tahun 1891; dan Peshawar Museum di Pakistan dibuka pada tahun 1906.

Afrika
Di Afrika tengah dan selatan, museum didirikan pada awal abad ke-20. Museum nasional Zimbabwe di Bulawayo dan Harare (sekarang Salisbury) didirikan pada tahun 1901, Uganda Museum bermula tahun 1908 dari koleksi yang dikumpulkan oleh British District Commissioners, dan the National Museum of Kenya di Nairobi diprakarsai oleh the East Africa and Uganda Natural History Society pada tahun 1909. Museum pertama Mozambik, the Dr. Alvaro de Castro Museum, di Maputo didirikan tahun 1913. Sementara di Afrika Utara the Egytian Museum dipindahkan ke bangunan baru pada tahun 1902 dan menjadi dua institusi baru: the Museum of Islamic City (1903) dan the Coptic Museum (1908). Di Afrika Selatan sudah berkembang museum di sejumlah provinsi, misalnya di Grahamstown (1837), Port Elizabeth (1856), Bloemfontein (1877), Durban (1887), Pretoria (1893), dan Pietermaritzburg (1903).

Berdirinya museum

Menjelang abad ke-19 izin akses publik terhadap koleksi yang semula merupakan koleksi pribadi sudah menjadi hal yang semakin umum, sebagaimana dilukiskan dalam bagian sebelumnya. Yang terjadi berikutnya dalam waktu seabad adalah didirikannya berbagai museum oleh pejabat regional maupun nasional di seluruh dunia, yang jelas-jelas ditujukan untuk keperluan publik. Berdirinya berbagai museum akan menjadi topik bagian ini.

MUSEUM DAN IDENTITAS NASIONAL

Eropa Tengah
Yang berperan dalam berdirinya berbagai museum pada awal abad ke-19 adalah berkembangnya kesadaran nasional, terutama di kalangan rakyat di Eropa Tengah. Pada tahun 1807 the National Assembly of Hungary mendirikan sebuah museum nasional di Pest dari koleksi yang dihibahkan kepada negara oleh Count Ferenc Széchenyi lima tahun sebelumnya. Di Praha koleksi sejarah alam milik para count dari Sternberg dan keluarga-keluarga bangsawan dijadikan museum dan dibuka pada tahun 1823 dengan tujuan mempromosikan identitas nasional. Moravian Museum di Brno dibuka tahun 1817, dan museum-museum lainnya dibuka pula di Zagreb dan Ljubljana tahun 1821. Di pusat Kekaisaran Austro-Hongaria di Wina, koleksi kekaisaran menjadi museum nasional; museum daerah didirikan di Graz, Innsbruck, dan Salzburg dalam kurun waktu 1811-34.
Hans von Ausess (www.wtefan-arold.de)
Di Nürnberg, Germanic National Museum didirikan oleh seorang pengusul penyatuan Jerman, Hans von Aufsess, dan pada pertengahan abad sebagian besar negara bagian Jerman sudah memiliki museum. Merambah ke utara, di Polandia meskipun telah direncanakan untuk mendirikan sebuah museum nasional pada tahun 1775, museumnya sendiri baru berdiri pada tahun 1862; tetapi pada awal abad ke-19 Putri Izabella Czartoyska sudah delapan tahun memiliki museum di taman kastil di Pulawy, dekat Warsawa, dan sekitar waktu yang sama dua koleksi pribadi dibuka untuk umum di Wilanów dan Warsawa.

Museum benda-benda antik
C.J. Thomsen www.britannica.com)
Minat yang meningkat terhadap barang antik berujung pada ekskavasi di situs-situs arkeologi lokal dan memiliki dampak terhadap perkembangan museum. Pada tahun 1806-26, di Rusia sebelah utara Laut Hitam, dibuka empat museum arkeologi di Feodosiya, Kerch, Nikolayev, dan Odessa (semuanya terletak di Ukraina sekarang). The Museum of Northern Antiquities dibuka di Kopenhagen pada tahun 1819 (di sanalah direktur pertamanya, Christian Jürgensen Thomsen, mengembangkan sistem tiga-bagian dalam klasifikasi prasejarah: zaman Batu, zaman Perunggu, dan zaman Besi). Museum ini kemudian digabungkan dengan tiga museum lain (museum etnografi, museum benda antik, dan museum numismtika) pada tahun 1892 dan menjadi National Museum of Denmark. Di Perancis Museum of National Antiquities dibuka di Saint-Germain-en-Laye di akhir abad ke-18. Museum ini masih bertindak sebagai tempat penyimpanan kekayaan arkeologi nasional. Demikian juga halnya dengan State Historical Museum di Stockholm, yang menyimpan material paling tua yang ditemukan pada abad ke-17. Museum arkeologi nasional di Yunani dimulai di Aeginia tahun 1829. Namun negara-negara Eropa tertentu – misalnya Inggeris dan Jerman – tidak memiliki koleksi benda antik nasional yang baik, dan akibatnya museum-museum daerah di kedua negara tersebut malah lebih kaya.

Pengaruh industri dan ilmu pengetahuan
Di Inggeris, reformasi sosial untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul dari industrialisasi memiliki peran dalam berkembangnya museum-museum kotapraja. Dukungan yang diberikan pejabat setempat kepada museum dipandang sebagai alat untuk melengkapi instruksi dan hiburan bagi penduduk kota yang semakin meningkat jumlahnya, dan menjadi pokok bahasan dalam undang-undang tahun 1845. Museum juga dipandang sebagai wahana untuk mempromosikan rancangan industri dan pencapaian di bidang ilmu dan teknik. Promosi semacam ini menjadi motivasi di balik rencana pendirian Victoria and Albert Museum (untuk seni dekoratif) dan Science Museum, yang keduanya terletak di Kensington, London; koleksi yang digunakan untuk mendirikan museum tersebut diperoleh dari the Great Exhibition tahun 1851 – pasar raya pertama di dunia. Sejak saat itu pameran internasional memiliki sumbangan signifikan pada pendirian sejumlah museum, termasuk Technical Museum of Industry and Trade di Wina dan the Palace of Discovery di Paris.

Amerika Serikat
Smithsonian Institution di Washington, D.C., berdiri melalui hibah besar sejumlah hampir setengah juta dolar dari James Smithson, seorang Inggeris. James Smithson sangat mengharapkan adanya sebuah institusi di Amerika Serikat “untuk meningkatkan dan menyebarkan pengetahuan di kalangan umat manusia”. Pada tahun 1846 Kongres Amerika Serikat menerima hibah ini dan mengeluarkan undang-undang yang menetapkan Smithsonian sebagai sebuah institusi yang bertugas merepresentasikan “semua objek seni dan penelitian…..sejarah alam, tumbuhan, [dan] spesimen geologika serta mineralogika” milik Amerika Serikat. The U.S. National Museum dibuka pada tahun 1858 sebagai bagian dari program ilmiah Smithsonian dan menjadi museum pertama dari banyak museum di institusi tersebut, yang sebagian besar berdiri sepanjang Mall di Washington, D.C.
Smithsonian Institution (www.cvent.com)


Panel di Hoabsbrouck House (www.rockhillridge.com)
Museum rumah bersejarah yang pertama dibangun oleh masyarakat setempat (tipe khas di Amerika Serikat) adalah Hasbrouck House di Newburgh, New York, yang pernah dijadikan markas terakhir George Washington pada waktu Perang Revolusi. Pembelian rumah tersebut oleh Negara Bagian New York pada tahun 1850 menetapkan preseden lain: pejabat publik bertugas menyediakan dan merawat bangunan museum, sedangkan dewan pengawas bertanggung jawab terhadap koleksi dan staf. Dua museum lain yang terkenal, keduanya di New York City, yaitu  American Museum of Natural History (berdiri tahun 1869) dan Metropolitan Museum of Arts (dibuka tahun 1870), menjadi contoh untuk sistem di atas.

Museum nasional dan museum daerah lainnya
Pada pertengahan abad ke-19 berdiri sejumlah museum terkenal lainnya. Di Kanada koleksi National Museum dibuka pada tahun 1843 di Montreal sebagai bagian dari Geological Survey, sementara pendahulu Royal Ontario Museum di Toronto, yaitu Ontario Provincial Museum, didirikan pada tahun 1855. Di Australia berdiri National Museum of Victoria di Melbourne tahun 1854; diikuti oleh National Gallery of Victoria pada tahun 1861 dan Science Museum of Victoria pada tahun 1870. Di Kairo berdiri Egyptian Museum tahun 1858. Semua museum ini mengikuti gaya Eropa, bahkan koleksi seni Amerika Selatan pun cenderung didominasi oleh gaya koleksi yang berasal dari Eropa dan mengabaikan karya seni penduduk asli.

Menuju museum modern

Dari koleksi pribadi menuju pameran publik

Di bagian sebelumnya sudah dijelaskan bahwa museum modern dapat melacak asal-usulnya sampai ke koleksi pribadi yang dimiliki oleh orang-orang terkemuka selama masa Renesans. Sebagian koleksi Renesans ini merupakan simbol dari prestise sosial dan menjadi elemen penting dalam tradisi kaum bangsawan dan keluarga penguasa, tetapi dalam kurun waktu tersebut semangat mencari yang terus berkembang membawa pada usaha mengumpulkan berbagai makna dan tujuan yang berbeda sejalan dengan semakin luasnya kelompok praktisi yang ada. Para kolektor baru ini, karena menaruh perhatian pada kesenangan/hiburan dan kajian serta kemajuan pengetahuan, sekaligus juga menaruh perhatian pada keberlangsungan koleksi mereka, tidak memiliki penerus/pewaris. Jika jaminan ini tidak ada pada keluarga mereka, maka jalur suksesi harus didapat dari tempat lain, dan unit kerja sama menyediakan keamanan yang lebih besar. Kemudian, jika pengetahuan harus tetap penting, maka pengetahuan tersebut harus ditransmisikan kepada domain publik. Perpindahan koleksi dari domain pribadi ke domain publik inilah yang akan menjadi topik bahasan bagian ini.

Koleksi publik

Contoh tertua yang tercatat mengenai badan publik yang menerima koleksi pribadi muncul pada abad ke-16 dengan adanya wasiat dari dua bersaudara Domenico Cardinal Grimani dan Antonio Grimani kepada republik Venesia pada tahun 1523, yang ditambah dengan wasiat selanjutnya dari keluarga mereka pada tahun 1583. Motivasi pemberian wasiat ini tampaknya untuk mendorong keilmuwanan (scholarship) dan untuk menyokong kedudukan pemerintah. Pada masa Reformasi di Swiss, material ini diserahkan dari pejabat gereja kepada penguasa kota Zurich dan kota-kota lainnya, yang akhirnya membentuk komponen penting dalam museum mereka. Kota Basel, karena khawatir bahwa cabinet yang indah milik Basilius Amerbach akan diekspor, membeli cabinet itu pada tahun 1662 dan sembilan tahun kemudian menyusun peragaan cabinet tersebut di perpustakaan universitas. Pada tahun 1694 biarawan kepala di Saint-Vincent-de-Besanςon di Perancis menyerahkan koleksi lukisan dan medalinya kepada biara agar menjadi koleksi publik. Pada kadar tertentu perkumpulan kaum terpelajar yang baru ini juga merupakan tempat penyimpanan berbagai koleksi, demi mengembangkan perkumpulannya tersebut. Pada kasus koleksi Ole Worm, seperti halnya pada kasus lain, kurangnya minat di antara keluarga pemilik setelah kematian sang pemilik berakibat pada dialihkannya koleksi tersebut kepada cabinet di Kopenhagen pada tahun 1655.

Museum publik yang pertama

Museum Ashmole
Museum Ashmole, Inggeris (www.ukstudentlife.com)

Lembaga pertama yang menerima koleksi pribadi dan mendirikan sebuah bangunan untuk menyimpan semua itu, serta membuka koleksinya untuk umum adalah Universitas Oxford. Pemberi hibah adalah Elias Ashmole; koleksinya terdiri atas sebagian besar koleksi Tradescant, dengan syarat harus dibangunkan tempat untuk menyimpan koleksi tersebut. Bangunan dimaksud, yang kemudian dikenal sebagai Museum Ashmole, dibuka pada tahun 1683. (Museum Ashmole kemudian dipindahkan ke gedung baru di dekat bangunan lama, dan bangunan aslinya sekarang ditempati oleh Museum of the History of Science).



The British Museum
The British Museum (www.oberlin.edu)

Abad ke-18 adalah masa merebaknya zaman Pencerahan (Enlightenment) dan semangat ensiklopedik, serta tumbuhnya citarasa eksotik. Pengaruh-pengaruh ini - didorong oleh meningkatnya eksplorasi dunia,  perdagangan yang berpusat di Eropa baratdaya, dan  berkembangnya industri - sangat jelas pada waktu dibukanya dua museum terkemuka di Eropa, yaitu the British Museum di London pada tahun 1759 dan Louvre di Paris pada tahun 1793. The British Museum dibangun sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah untuk merawat dan melestarikan tiga koleksi “yang bukan hanya untuk penelitian dan kesenangan kaum terpelajar dan mereka yang penuh rasa ingin tahu, melainkan juga untuk dimanfaatkan oleh masyarakat umum”. Ketiga koleksi tersebut disimpan di Montagu House di Bloombury, yang khusus dibeli untuk keperluan ini. Koleksi dimaksud merupakan benda-benda yang dikumpulkan oleh Sir Robert Cotton, Robert Harley (Earl of Oxford pertama), dan Sir Hans Sloane. Koleksi Cotton dan Harley sebagian besar berupa manuskrip. Namun, koleksi Sloane berupa spesimen sejarah alam dari Jamaika serta berbagai materi klasik, etnografika, numismatika dan seni, serta cabinet William Courten, yang seluruhnya terdiri dari sekitar 100.000 buah spesimen. Meskipun pada mulanya akses publik ke British Museum tidak dipungut biaya, selama bertahun-tahun masuk ke sana harus melalui permohonan karena tiket yang dikeluarkan setiap harinya dibatasi. Meskipun demikian, Franςois de la Rochefoucauld, yang datang dari Perancis pada tahun 1784, setelah mengamati dia menyetujui bahwa museum tersebut haruslah “untuk memenuhi keinginan dan kepuasan publik.”

Louvre
Louvre (www.forum.panorama.it)

Di Perancis rakyat merasa prihatin karena koleksi milik kerajaan tidak bisa diakses oleh rakyat, dan akhirnya beberapa lukisan terpilih untuk dipamerkan di Istana Luxembourg oleh Louis XV pada tahun 1750. Karena didesak terus, termasuk usulan Diderot untuk mendirikan museum nasional, maka disusunlah pameran yang memperagakan lebih banyak lagi koleksi milik kerajaan di Grande Galerie istana Louvre. Namun, ketika Grande Galerie dibuka untuk umum pada tahun 1793, pembukaan tersebut dikarenakan adanya dekrit yang dikeluarkan oleh pemerintahan Revolusioner, bukan atas mandat pihak kerajaan, dan galeri ini diberi nama Central Museum of the Arts. Banyak kesulitan yang dialami, dan museum ini baru dapat diakses sepenuhnya pada tahun 1801. Koleksi di Louvre berkembang cepat, setidaknya karena National Convention memerintahkan Napoleon untuk mengambil karya-karya seni selama operasi militernya di Eropa; akibatnya banyak koleksi raja dan kaum bangsawan yang dibawa ke Paris untuk dipamerkan di sebuah tempat yang kemudian dikenal sebagai Musée Napoléon (Museum Napoleon). Pada tahun 1815 Kongres Wina menuntut agar benda-benda yang dijarah ini dikembalikan kepada pemiliknya. Bagaimanapun, perang Napoleon ini merupakan episode yang membangkitkan minat baru akan seni dan menjadi pemicu yang membuat sejumlah koleksi dapat diakses oleh masyarakat.

Museum di Roma
Museum Capitoline, Italia (sumber: www.hugin.sourceforge.net)



Koleksi Vatikan yang luar biasa banyaknya juga mengalami reorganisasi besar-besaran selama abad ke-18. Museum Capitoline dibuka untuk umum pada tahun 1734, dan Palazzo dei Conservatori diubah menjadi galeri lukisan pada tahun 1749. Museum Pio-Clementino, yang sekarang menjadi bagian dari kompleks museum di Vatican City, dibuka pada tahun 1772 untuk menyimpan sejumlah besar koleksi barang antik. Arsitektur neoklasik pada bangunan ini menjadi standar yang harus dimiliki oleh sejumlah negara Eropa selama setengah abad lamanya.

Menjelang akhir abad ke-18 fenomena museum telah meluas ke bagian-bagian lain dunia. Pada tahun 1773 di Amerika Serikat Charleston Library Society di Carolina Selatan mengumunkan rencananya untuk membangun museum. Tujuannya adalah untuk mendorong pemahaman lebih baik terhadap pertanian dan pengobatan herbal di daerah tersebut. Institusi awal lainnya, Peale Museum, dibuka di Philadelphia pada tahun 1786 oleh pelukis Charles Wilson Peale. Koleksinya berkembang sangat cepat melebihi kapasitas ruang yang ada di rumahnya, dan dipamerkan sementara di Independence Hall. Setelah mengalami beberapa kali perubahan koleksi tersebut akhirnya disebar pada pertengahan abad ke-19, tetapi setelah koleksi China menjadi benda pamer utama di London.

Pengaruh kolonial Eropa berperan dalam berdirinya sejumlah museum di berbagai tempat. Di Jakarta, Indonesia, koleksi Batavia Society of Arts and Science dimulai tahun 1778, yang akhirnya menjadi Museum Pusat Kebudayaan Indonesia dan menjadi bagian dari Museum Nasional. Museum India di Kolkata pada mulanya juga demikian, dimulai dengan koleksi milik Asiatic Society di Bengala pada tahun 1784. Di Amerika Selatan sejumlah museum nasional berdiri pada awal abad ke-19: Argentine Museum of Natural Science di Buenos Aires berdiri tahun 1812; dan Brazil’s National Museum di Rio de Janeiro, yang koleksi awalnya berupa lukisan terpilih milik John VI, raja Portugal di pengasingan, dibuka untuk umum pada tahun 1818. Yang lainnya adalah National Museum di Bogota, Colombia (1824), dan museum nasional sejarah alam di Santiago, Chile (1830), serta di Montevideo, Uruguay (1837). Di Kanada koleksi zoologikal milik Pictou Academy di Nova Scotia (berdiri tahun 1816) sepertinya dibuka untuk umum pada tahun 1822. Di Afrika Selatan sebuah museum berbasis koleksi zoologi koleksi Andrew (kemudian menjadi Sir Andrew) Smith didirikan di Cape Town pada tahun 1825. Sedangkan di Australia, kemungkinan seorang amatir dan diplomat bernama Alexander Macleay yang berinisiatif membuka gedung yang sekarang bernama Australian Museum di Sydney pada tahun 1829.

Koleksi publik yang baru di Eropa

Rijkmuseum, Belanda (www.trekearth.com)





Di Eropa saat ini sejumlah koleksi baru terbuka untuk umum. Banyak di antaranya yang berasal dari koleksi yang ada dalam perlindungan raja dan kaum bangsawan, sementara sebagian lainnya berasal dari inisiatif pejabat publik. Prado Museum di Madrid berdiri tahun 1785 ketika Charles III membentuk komisi untuk mendirikan sebuah bangunan baru yang akan dijadikan museum ilmu alam. Pembangunan gedung terhenti karena adanya Perang Napoleon, dan ketika dibuka pada tahun 1819 gedung tersebut dijadikan galeri seni yang memamerkan sebagian koleksi kerajaan. Di Prusia Frederick William III memerintahkan dibangunnya galeri lukisan di Berlin untuk menyimpan sebagian koleksi miliknya, dan galeri ini dibuka untuk umum pada tahun 1830. Itu semua merupakan awal dari dibangunnya kompleks sangat luas selama satu abad berikutnya, yang difungsikan untuk menyimpan berbagai koleksi nasional dalam satu tempat, yang dikenal sebagai Museuminsel. Perkembangan lain di Jerman adalah didirikannya Alte Pinakothek (1836) di Munich untuk memamerkan koleksi lukisan milik para duke dari Wittelsbach. Bangunan ini dirancang oleh Leo von Klenze mengikuti standar ketat; dia juga bertanggung jawab atas pembangunan gedung New Hermitage, satu dari lima bangunan di museum Hermitage di St. Petersburg, tempat Nicholas I pada tahun 1852 mengizinkan koleksi utama para tsar Rusia dipamerkan kepada publik. The Royal Museums di Brussels berawal dari surat perintah kerajaan tahun 1835 tentang minat pada kajian sejarah dan seni. Di Belanda sebuah galeri seni nasional dibuka di Huis ten Bosch tahun 1800, galeri ini kemudian dipindahkan ke Amsterdam dan akhirnya menjadi Rijksmuseum (Museum Negara). The National Gallery di London, yang berdiri karena adanya koleksi pribadi seorang pedagang dan penganut filantropi bernama John Juliu Angerstein, dibuka untuk pertama kalinya di Angerstein’s House tahun 1824. Pada tahun 1838 galeri ini dipindahkan ke gedung yang diusulkan dibangun di Trafalgar Square.


Sumber: Encarta Encyclopaedia