Senin, 06 Februari 2012

Bagaimana menghitung umur fosil? Bag. 2 (tamat)

Metode pertanggalan absolut (lihat tulisan sebelumnya)

Pertanggalan atau pentarikhan absolut adalah proses menentukan perkiraan umur yang dapat dihitung dengan angka. Teknik ini biasa digunakan dalam arkeologi dan geologi. Beberapa ilmuwan lebih suka memakai istilah pertanggalan/pentarikhan kronometrik atau pertanggalan kalender dibandingkan dengan pertanggalan absolut karena “absolut” itu sendiri sebenarnya juga tidak pasti. Teknik pertanggalan absolut memberikan perhitungan umur numerik, kebalikan dari pertanggalan relatif yang hanya memperkirakan umur berdasarkan urutan kejadian.

Sumber; www.evolution.berkeley.edu

Dalam arkeologi, pertanggalan absolut ini biasanya didasarkan pada kandungan fisikal atau kimiawi bahan yang digunakan untuk membuat artefak, bangunan, ataupun bagian-bagian lain yang dimodifikasi oleh manusia; sedangkan dalam geologi yang menjadi dasar untuk pertanggalan absolut adalah kandungan fisik dan kimiawi formasi batuan beku yang biasanya berasosiai dengan temuan-temuan paleontologis. Fosil jarang ditarikh secara langsung. Proses pentarikhan absolut ini biasanya dilakukan di laboratorium.

Metode yang umum digunakan adalah pentarikhan radiometrik (radiometric dating).  Salah satu yang digunakan dan diterima secara luas adalah pentarikhan melalui peluruhan radioaktif (radioactive decay dating). Peluruhan radioaktif merujuk pada proses terjadinya bentuk elemen radioaktif yang berubah menjadi produk nonradioaktif dalam derajat reguler. Inti setiap elemen radioaktif (seperti radium dan uranium) secara spontan terpisah seiring berlalunya waktu, dan mengubah diri menjadi inti atom elemen lain yang berbeda. Dalam proses pemisahan ini, atom membuang radiasi (energi yang keluar dalam bentuk gelombang). Inilah yang disebut peluruhan radioaktif. Setiap elemen memiliki derajat peluruhan masing-masing, tanpa dipengaruhi oleh kondisi fisik eksternal. Dengan mengukur jumlah atom original dan atom yang sudah bertransformasi dalam sebuah objek, para ilmuwan dapat menghitung/menentukan umur objek tersebut.

Diterjemahkan dan disarikan oleh Julimar dari www.library,thinkquest.org





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar