Sabtu, 13 Oktober 2012

Museum Fatigue (2)

Bagaimana menghindari sindrom museum fatigue? Ada dua tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menghindari sindroma ini:
1. Sebelum melakukan kunjungan ke sebuah museum sebaiknya pastikan Anda mengetahui jam operasional museum  sehingga Anda dapat memperkirakan kapan kira-kira waktu yang tidak terlalu ramai pengunjung di museum tersebut. Dengan demikian Anda akan lebih leluasa menikmati objek di museum tanpa banyak terganggu oleh pengunjung lain.

 2. Mintalah brosur museum terlebih dahulu kepada petugas museum. Brosur museum dapat membantu Anda untuk memusatkan perhatian pada objek-objek tertentu yang menarik perhatian Anda. Anda tidak mungkin dapat melihat semua objek di museum sekaligus. Bila Anda memaksakan diri melakukan hal ini maka Anda akan cepat lelah dan bosan sehingga tidak mendapatkan pemahaman optimal tentang objek yang ditampilkan. Jika Anda merasa belum puas pada kunjungan pertama, kembalilah lagi di lain waktu. Pada kunjungan berikutnya ini mungkin Anda akan memusatkan perhatian pada objek yang lain lagi dan pengetahuan Anda akan bertambah secara bertahap tanpa harus lelah karena sindroma museum fatigue.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar