Rabu, 23 November 2011

Bus Pameran di Pameran Keliling Bersama

Tampak luar bus  (Foto oleh Julimar)
Memiliki sarana untuk pameran berjalan sudah lama menjadi dambaan Museum Geologi. Maka ketika kesempatan untuk mengadakan bus dimaksud tiba, disusunlah rancangan interior maupun eksterior bus itu. Ketika akhirnya bus itu tiba di pelataran parkir Museum Geologi kami semua terperangah heran melihat kondisi bus tidak seperti yang dibayangkan karena tidak sesuai dengan rancangan semula. Lepas dari itu semua, bus itu untuk pertama kalinya digunakan berpameran pada Pameran Keliling Bersama di Subang pada pertengahan November yang lalu.

Pada pameran tersebut bus digunakan untuk memamerkan contoh-contoh batuan dan mineral serta memajang beberaoa poster, termasuk poster tentang perkembangan geologi kepulauan Indonesia. Selain itu disajikan pula berbagai film dokumenter terkait peristiwa dan fenomena geologi di Tanah Air. Untuk kenyamanan pengunjung kami menerapkan sistem buka-tutup kepada mereka yang ingin memasuki bus. Pengunjung dipersilakan masuk dari pintu depan dan keluar dari pintu belakang. dengan cara FIFO (first in first out). Pengunjung yang belum mendapat giliran masuk dapat menonton film di luar bus. Selain dalam rangka uji coba, pemanfaatan bus sebenarnya juga untuk menyiasati terbatasnya area pameran di dalam gedung.

Antrean pengunjung bus (Foto oleh Julimar)
Pada mulanya kami merasa waswas jangan-jangan panitia tidak menginzinkan bus kami nongkrong di pelataran parkir area pameran tetapi kami malah mendapat tempat tepat di pintu gerbang menuju gedung pameran. Lokasi ini strategis sekali karena mau tidak mau mereka yang akan masuk gedung pameran harus melewati bus kami. Lama-lama pengunjung yang ingin masuk bus menyemut menghalangi jalan masuk menuju gedung. Bahkan para pedagang di sekitar arena pameran turut pula menonton film yang diputar di bus.

Yah, meskipun bus ini tidak sesuai bayangan semula, penampilannya di ajang Pameran Keliling Bersama ternyata mengundang banyak perhatian dan pertanyaan dari peserta pameran. Saya sendiri sebenarnya mengangankan  trailer seperti milik National  World War I Museum (lihat gambar di bawah ini).

Sumber gambar www.unchained.com


Gambar di atas adalah trailer yang dirancang khusus untuk pameran berjalan. Melalui trailer ini National  World War I Museum menyebarluarkan informasi tentang perang kepada masyarakat Amerika. Tampilan luar trailer ini begitu meyakinkan dan membuat saya iri: kapan kita bisa memiliki sarana pameran sekelas itu?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar