Sabtu, 07 Januari 2012

Turut prihatin

Museum Negeri Jayapura Tak Punya Anggaran Perawatan

KBR68H, Jayapura - Pengelola Museum Negeri Jayapura mengaku tak memiliki dana untuk merawat ribuan benda koleksi yang ada di museum type A tersebut. Kepala Pelaksana Harian Museum Negeri Provinsi Papua Sukardi mengatakan tak adanya dana perawatan terjadi sejak dinas museum disatukan dengan Dinas Pariwisata tahun 2000 lalu.

“Jadi untuk pembiayaan tuh relatif karena semakin koleksi itu yang rusaknya parah atau berat, itukan jelas perawatannya lebih mahal dengan dibandingkan dengan yang ringan. (Tapi ada nominal mungkin pak, kira-kira saja?) Kalau kita dulu dari pusat itu dihitung rata-rata per koleksi itu sekitar 50 ribu ya, itu masih APBN. Kalau sekarang tidak ada.” 

Saat ini ada lebih dari 3000-an benda koleksi yang disimpan di Meseum Negeri Papua. 200-an jenis diantaranya rusak parah dan 500 jenis lainnya mengalami kerusakan ringan. Selain dimakan rayap, kerusakan benda koleksi juga disebabkan oleh tingkat kelembaban udara yang tinggi dan kegiatan terminal bayangan di samping kanan dan di depan jalan masuk museum itu.

Sumber: http://kbr68h.com/berita/daerah/13400-museum-negeri-jayapura-tak-punya-anggaran-perawatan

Lihat juga
1. http://www.beritasumut.com/index.php?option=com_content&view=article&id=5752:usut-dugaan-penggelapan-anggaran-museum-barus-raya&catid=36:hukum-a-kriminal&Itemid=77  
2. http://www.solopos.com/2011/sragen/anggaran-rp-1-miliarbulan-untuk-museum-sangiran-belum-ideal-151607
3. http://berita.liputan6.com/read/354179/anggaran-museum-perlu-ditambah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar