Sabtu, 16 Oktober 2010

Penyuluhan Geologi di Kabupaten Serang, Banten

Apa kabar? Tiga hari terakhir saya tidak mengisi blog ini. Kesibukan kantor membuat saya tidak bisa menyempatkan diri membuat tulisan. Selama tiga hari tersebut saya terlibat kegiatan penyuluhan geologi kepada guru-guru geografi se-Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Kegiatan penyuluhan ini merupakan program rutin Museum Geologi dalam rangka menyebarluaskan informasi geologi kepada masyarakat, dalam hal ini guru-guru. Guru adalah ujung tombak pendidikan dan pengajaran di negeri kita. Melalui mereka diharapkan anak didik akan mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan alam tempat mereka tinggal, dan dengan demikian mendorong mereka untuk mencintai dan merawat lingkungannya. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta kelestarian lingkungan yang akan terus dinikmati oleh anak cucu kita kelak. 
 
Penyuluhan dilaksanakan selama dua hari, hari pertama untuk guru-guru SLTP/sederajat, dan hari kedua untuk guru-guru SLTA/sederajat. Para pemakalah adalah ahli geologi yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Selain itu ada pula ahli biologi yang membahas fosil, ahli arkeologi yang membahas potensi arkeologis setempat, serta seorang praktisi museum yang membahas masalah permuseuman.

 
Diharapkan kegiatan semacam ini akan memicu dan memacu para guru untuk terus meningkatkan pengetahuannya, melakukan inovasi dalam metode belajar-mengajar, serta membuat anak didik lebih terbuka menerima informasi baru yang didapat guru mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar